by

Masalah Raskin, Warga Minta Bupati Lingga Evaluasi Kinerja Perangkat Desa Duyung

-Lingga-573 views

IndepthNews.Id – Warga desa Duyung, Kecamatan Katang Bidare, Kabupaten Lingga meminta Bupati untuk mengevaluasi kinerja perangkat desa tersebut. Hal ini berhubungan dengan pembagian beras miskin yang diduga tidak merata.

Hal itu diungkapkan salah satu warga, Johari, yang mengaku telah dua bulan tidak mendapatkan bantuan dari Program Keluarga Harapan (PKH). Johari memang keluarga yang tidak mampu, belum lagi keadannya, dia adalah kepala keluarga penyandang tunanetra.

“Sudah dua bulan ini keluarga saya tidak mendapatkan bantuan PKH, itu beras pak,” kata Johari, Kamis (14/4/2021).

Johari mengaku kecewa dengan kinerja perangkat desa, khususnya kepala desa pulau Duyung yang dinilai kurang profesional dalam pembagian bantuan.

“Logikanya, kondisi saya yang seperti ini (tunanetra) apalagi sebagai kepala keluarga, harusnya dapat bantuan, ini sudah dua bulan belum dapat, ya walaupun sedikit, kami membutuhkan bantuan itu, meskipun cuma beras,” katanya.

Dipicu hal ini, Johari akhirnya meminta Bupati untuk melakukan evaluasi terkait kinerja Kepala Desa dan perangkat daerah lainnya.

“Saya sangat merasa kecewa dengan kinerja perangkat desa, Khususnya kepada Kepala Desa Pulau Duyung Kecamatan Katang Bidare Kabupaten Lingga, dan meminta Bupati Kabupaten Lingga untuk dapat mengevaluasi kinerja perangkat desa, mereka pilih kasih dalam penyaluran Raskin,” bebernya.

Bagaimana tidak, menurut pengakuan Johari, banyak warga yang mendapatkan bantuan tersebut dalam keadaan sempurna (tanpa cacat), sementara dia sebagai penyandang tunanetra tidak memperoleh bantuan tersebut.

“Raskin itukan program kementrian sosial, seharusnya diberikan kepada masyarakat yang benar-benar membutuhkan, seperti saya ini, tetapi mengapa malah saya tidak dapat, seperti terkesan pilih kasih,” Ujarnya.

Diceritakan Johari, awalnya dia juga merupakan salah satu warga penerima manfaat program PKH, Namun sejak bulan Maret sampai Bulan April Tahun 2021, bantuan Raskin yang menjadi haknya malah tidak diberikan oleh Desa.

Sementara itu, Naswir selaku Kepala Desa Pulau Duyung Kecamatan Katang Bidare Kabupaten Lingga yang dikonfirmasi media melalui whatsaap terkait pembagian Raskin tersebut belum memberikan tanggapannya hingga berita ini dinaikkan. (Zahari)

Comment

News Feed