by

Bupati Dan DPRD Meranti Meninjau Rencana Kampung Kakap Putih.

-Meranti, Riau-5,763 views

InDepthNews.id (Meranti) –Bupati Kepulauan Meranti H. Muhammad Adil, SH bersama Anggota DPRD Meranti Pandumaan Siregar, SP dan OPD terkait melakukan peninjauan Balai Pembibitan Ikan (BPI) Kakap Putih Kep. Meranti di Jl. Kemuning, Desa Gogok Darusalam, dengan kapasitas produksi 50 ribu bibit, Kamis (19/8/2021).

Dari keterangan pihak BPI Kepulauan Meranti fasilitas ini memiliki 12 kolam pembibitan dengan total produksi 50 ribu ekor, kolam pemeliharaan induk, Bak Kawin, Ruang Larva dan lainnya.

“Saya berharap dengan potensi Kakap Putih yang sangat luar biasa ini, masyarakat Nelayan yang sebelumnya menangkap ikan dilaut dapat beralih ke budidaya Kakap Putih hal itu seiring semakin sedikitnya produksi ikan laut, sehingga terjadi peningkatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat Nelayan di negeri sagu,” ungkapnya.

Seperti diketahui, Kabupaten Kepulauan Meranti, Provinsi Riau, tengah menyiapkan Kampung Kakap Putih dengan kapasitas 5.000 keramba jaring apung (KJA) yang diharapkan mampu berproduksi hingga 2.700 ton per tahun.

“Program di sektor marikultur ini, sejalan dengan rencananya yang akan mencoba mengalihkan pola nelayan tangkap menjadi nelayan budi daya yang saat ini dinilai lebih menjanjikan,” ujarnya.

Menurut rencana Kampung Kakap Putih ini akan dipusatkan di Desa Bantar, Kecamatan Rangsang Barat, juga di Pulau Merbau dan kecamatan lain yang memiliki ekosistem serupa sehingga budi daya kakap putih di Kepulauan Meranti dapat dilakukan lebih masif.

(BATUBARA).

Comment

News Feed