Batam Raih Capaian Tertinggi Vaksinasi Booster Di Provinsi Kepri

InDepthNews.id (Batam) – Jelang hari raya Idul Fitri, pelaksanaan vaksinasi booster terus digencarkan di wilayah Provinsi Kepri, khususnya kota Batam.

Kegiatan vaksinasi hari ini, Sabtu (16/04/2022) digelar secara massal di Grand Batam Mall, Mega Mall, Mall Botania, Lapangan Futsal SP Plaza, Bandara Hang Nadim, Harbour Bay Seafood Restaurant, Vihara Budhi Bhakti, Masjid Baitussalam Tiban Indah dan Pulau Seraya Batam.

Kabinda Kepri, Brigjen Pol. R. C. Gumay mengungkapkan pelaksanaan vaksinasi digelar atas kolaborasi bersama dengan Dinas Kesehatan Batam dan jajaran instansi terkait.

“Kolaborasi dalam pelaksanaan vaksinasi diperlukan agar memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk mendapat vaksin,” ujarnya.

Gumay menambahkan, saat ini vaksin booster diperlukan masyarakat, khususnya yang ingin menjalankan mudik Idul Fitri dengan mudah dan lancar.

“Dengan vaksin booster, masyarakat yang akan mudik nantinya tidak perlu mencantumkan syarat hasil PCR, ini tentu memberikan kemudahan bagi yang akan melakukan perjalanan kembali ke kampung halaman,” terang Gumay.

Berdasarkan data Dinas Kesehatan Kepri, capaian vaksinasi booster di Kepri sebanyak 35,12 persen atau 482.230 orang dari total sasaran 1.373.372 orang masyarakat.

Dari jumlah tersebut, Batam meraih capaian tertinggi vaksinasi booster dibandingkan kabupaten/kota lainnya di wilayah Provinsi Kepri.

Sesuai pendataan dari Dinas Kesehatan Kepri, capaian vaksinasi booster di Batam sebanyak 42,43 persen atau 334.975 orang.

Sedangkan capaian vaksinasi di Tanjung pinang sebanyak 30,32 persen atau 46.770 orang, Bintan 25,79 persen atau 27.607 orang, Karimun 25,66 persen atau 44.023 orang, Natuna 28,36 persen atau 14.965 orang, Anambas 24,90 persen atau 7.727 orang dan di Lingga tercapai 9,30 persen atau 6.253 orang.

Salah satu peserta vaksinasi booster, Yuni mengajak masyarakat untuk ikut vaksinasi booster karena tidak membatalkan puasa sesuai dengan fatwa MUI.

“Saya sudah mengikuti vaksinasi booster, terima kasih Bapak Presiden dan Bapak Kepala BIN, sesuai dengan fatwa MUI, vaksinasi tidak membatalkan puasa, ayo masyarakat Batam kita ikuti vaksinasi, baik dosis 1, 2 dan dosis 3 atau booster,” ajak Yuni usai mendapat vaksin di Vihara Budhi Bhakti, pada Sabtu.

Sumber : Tim Publikasi Panitia Vaksinasi Binda Kepri

Comment