by

Baru Diangkat Jadi Ketua LAM Desa Tinjul, Abdullah Giat Dalam Mengembangkan Budaya Melayu.

InDepthNews.id (Lingga) – Ketua Lembaga Adat Melayu (LAM), Desa Tinjul Kecamatan Singkep Barat Kabupaten Lingga, Abdullah yang baru beberapa hari di angkat berdasarkan SK Kepala Desa Tinjul. Tancap gas untuk melestarikan budaya Melayu.

Adapun budaya Melayu yang akan di kembangkan seperti Latihan Gendang, Pemukulan Gong, Tarian inai dan Pencak Silat yang selama ini di anggap fakum.

Menurut Abdullah upaya melestarikan budaya melayu harus terus dikembangkan dan diturunkan ke generasi penerus apalagi di Era globalisasi dapat menimbulkan perubahan pola hidup masyarakat yang lebih modern. Akibatnya masyarakat cenderung untuk memilih kebudayaan baru yang dinilai lebih praktis dibandingkan dengan budaya lokal.

“Upaya ini harus kita lakukan demi untuk mengenalkan kepada generasi penerus khususnya kepada anak-anak muda yang ada di Desa Tinjul,” Ungkap Abdullah, Kamis (18/11/2021).

Karena sambungnya, dalam era globalisasi informasi menjadi kekuatan yang sangat dahsyat dalam mempengaruhi pola pikir manusia. Untuk mengatasi hal ini, perlu kesadaran akan pentingnya budaya lokal sebagai jati diri bangsa.

Untuk itu, Abdullah berkomitmen akan berusaha semaksimal mungkin untuk melestarikan budaya Melayu yang selama ini fakum di Desa Tinjul dan mewarisi kepada generasi penerus bangsa khususnya generasi muda di Desa Tinjul ini.

“Saya kira kegiatan ini sangat sejalan dengan visi misi Bapak Amren selaku Kepala Desa yang baru dalam mengejar ketertinggalan dengan Desa-desa tetangga yang ada khususnya di Singkep barat,” paparnya

Dalam kesempatan itu, Abdullah juga mengucapkan terima kasih kepada Kepala Desa dan BPD Desa Tinjul yang sudah menganggarkan Dana Desa untuk kegiatan sangar seni ini.

“Dukungan anggaran itu tentu memacu semangat kami untuk serius dalam menjalankan kegiatan ini dan kami akan berusaha semaksimal mungkin untuk memajukan dan melestarikan budaya melayu di Desa Tinjul yang kita cintai ini. Apalagi Kabupaten Lingga yang di beri tema Bunda tanah tanah Melayu,” Pungkasnya.

(Abu)

Comment

News Feed