Vaksinasi Kembali Dilanjutkan, Booster Jadi Incaran Masyarakat Batam

InDepthNews.id (Batam) – Capaian vaksinasi booster di Provinsi Kepri hingga Senin (09/05/2022) hampir menyentuh 50 persen dari total sasaran yang ditetapkan sebanyak 1.373.372 orang.

Dibandingkan dengan capaian pada 30 April 2022, jumlah penerima vaksin booster di Kepri hingga 9 Mei 2022 mengalami penambahan sebanyak 7.618 orang sehingga total masyarakat yang telah tervaksin mencapai 562.071 orang atau 40,93 persen.

Berdasarkan catatan Dinas Kesehatan Kepri, penambahan jumlah penerima vaksin booster di wilayah Batam adalah yang tertinggi dibandingkan daerah lain. Dari total penambahan 7.618 orang penerima vaksin booster se-Kepri pada periode 30 April – 9 Mei 2022, tercatat 5.111 orang diantaranya merupakan penerima vaksin booster di Batam.

“Capaian ini menunjukkan banyak masyarakat yang mengincar vaksin booster di Batam selama maupun pasca menjalankan cuti dan libur Idul Fitri,” terang Kabinda Kepri, Brigjen Pol. R.C. Gumay.

Gumay menambahkan, hal tersebut merupakan indikasi positif terhadap kesadaran masyarakat akan pentingnya vaksin booster sebagai proteksi dalam mencegah penyebaran Covid-19.

“Kita tidak ingin kasus Covid-19 kembali melonjak pasca Idul Fitri terutama di wilayah strategis Batam yang merupakan daerah perbatasan dan menjadi pintu masuk wisatawan asing, sehingga kegiatan vaksinasi akan terus digencarkan hingga capaian vaksinasi sesuai target yang ditetapkan pemerintah,” jelas Gumay.

Untuk mendukung percepatan vaksinasi booster, kegiatan vaksinasi massal pada hari ini, Selasa (10/05/2022) kembali dibuka tidak hanya di Puskesmas di Batam, tetapi juga di Mall Botania 2, Grand Batam Mall, Mega Mall dan lapangan futsal SP Plaza.

Meskipun vaksinasi diprioritaskan bagi masyarakat yang belum menerima booster, namun petugas kesehatan di Puskesmas tetap melayani masyarakat yang ingin mendapat vaksin dosis 1 dan 2.

Kolaborasi pelaksanaan vaksinasi tersebut dijalin antara Dinas Kesehatan Batam dan Binda Kepri sebagai wujud komitmen pemerintah untuk menyukseskan program vaksinasi di tengah pandemi Covid-19.

Salah satu peserta vaksinasi booster, Lady Olivia Depari mengharapkan pembukaan gerai vaksinasi dapat terus dilanjutkan agar seluruh masyarakat mendapat kemudahan akses untuk menerima vaksin.

“Saya berterima kasih kepada Bapak Presiden dan Bapak Kabin atas terselenggaranya kegiatan vaksinasi hingga saat ini, saya antusias karena vaksin merupakan hal positif yang diberikan pemerintah, kiranya fasilitas ini terus digencarkan pemerintah agar masyarakat Indonesia bisa menerima vaksin,” ungkap Olivia usai mendapat vaksin di Mega Mall, pada Selasa.

Sumber : Tim Publikasi Panitia Vaksinasi Binda Kepri

Comment