Sekda Boy Buka Pekan Expo Pulau Akar 2023 di Desa Cemaga Natuna

InDepthNews.id (Natuna) – Pemerintah Desa (Pemdes) Cemaga, Kecamatan Bunguran Selatan kembali melaksanakan Pekan Expo Pulau Akar. Acara yang sama juga dilaksanakan pada tahun 2022 lalu.

Kegiatan akan dilaksanakan selama empat hari dari tanggal 9 sampai 12 November 2023. Kegiatan juga disejalankan dengan Jambore Kader se-Kecamatan Bunguran Selatan.

Pekan Expo Pulau Akar dibuka secara langsung oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Natuna, Boy Wijanarko di Geosite Pulau Akar, Kecamatan Bunguran Selatan. Kamis (09/11/2023).

Pekan Expo Pulau Akar tahun 2023 mengusung tema “Masyarakat Yang Kreatif dan Inovatif Mewujudkan Desa Yang Produktif Berdaya Saing dan Mandiri”.

Penyambutan Kedatangan Sekretaris Daerah, Boy Wijanarko dan rombongan oleh Pemdes Cemaga, Kecamatan Bunguran Selatan / F. Dok Pemkab Natuna
Penyambutan Kedatangan Sekretaris Daerah, Boy Wijanarko dan rombongan oleh Pemdes Cemaga, Kecamatan Bunguran Selatan / F. Dok Pemkab Natuna

Dalam sambutannya, Boy Wijanarko menyampaikan pemerintah memberikan apresiasi dan penghargaan yang luar biasa kepada pihak Desa Cemaga yang telah melaksanakan kegiatan Pekan Expo Pulau Akar ini.

“Kita akan mengajak Dinas Pariwisata, pihak Desa untuk berkolaborasi agar kegiatan ini ke depan bisa menjadi agenda tahunan dan dilaksanakan lebih meriah lagi,” sebut Boy.

Lanjut Boy, Desa Cemaga menjadi salah satu desa yang memiliki Geosite yakni Geosite Pulau Akar. Natuna kini tengah menatap Unesco Global Geopark (UGG).

“Tentunya geosite-geosite inilah yang akan menjadi objek-objek yang harus dikembangkan ketika kita berbicara UGG, oleh karena itu mari kita saling bahu membahu memperkenalkan situs geosite kita melalui acara-acara seperti Pekan Expo ini,” tambahnya.

Kata Sambutan dari Sekretaris Daerah, Boy Wijanarko / F. Dok Pemkab Natuna
Kata Sambutan dari Sekretaris Daerah, Boy Wijanarko / F. Dok Pemkab Natuna

Untuk itu, Boy mengajak seluruh pihak untuk itu terlibat dan berkolaborasi dalam meningkatkan pengembangan geosite-geosite di Natuna.

“Kita juga berharap dukungan dari pihak provinsi, karena selama ini dari provinsi belum ada memberikan kontribusi apapun untuk mendukung pengembangan geosite geopark Natuna, semoga ke depan mereka mau ikut serta sehingga pengembangan geosite bisa lebih cepat,” tutup Boy.

Sementara Ketua Pelaksana kegiatan, Putra Radiansyah mengatakan pekan expo pulau akar akan di meriahkan dengan festival mancing, festival karaoke kategori dewasa dan orang tua, festival kukur kelapa dan kupas kelapa serta festival seni.

“Anggaran dari APBDes tahun 2023, terimakasih atas kehadiran dari seluruh undangan, kepada pak sekda mohon buka acara kami,” tutupnya.

Pemotongan Pita oleh Sekretaris Daerah, Boy Wijanarko / F. Dok Pemkab Natuna
Pemotongan Pita oleh Sekretaris Daerah, Boy Wijanarko / F. Dok Pemkab Natuna

Festival pulau Akar selai akan menyiapkan stand bazar dan pameran dari warga Desa Cemaga dan Desa Lainnya di Kecamatan Bunguran Selatan, juga akan menampilkan berbagai aktraksi kesenian daerah dari Kecamatan Bunguran Selatan.

Turut hadir dalam kegiatan, Kadis Pariwisata, Hardinansyah, Kadis PMD, Anrizal Zen, Camat Bunguran Selatan, Supardi, Wakil Ketua TPK PPK Kabupaten Natuna, Khadijah Rodhial Huda, Kabid Pemasaran Dinas Pariwisata, Kardiman. (wanto).

Comment