Pj. Wali Kota Hasan Pastikan Pedagang dan Masyarakat Nyaman Beraktivitas di Pasar Encik Puan Perak

InDepthNews.id {Tanjungpinang} – Pasca penataan kawasan pasar Baru melalui penertiban pedagang kaki lima agar secara keseluruhan masuk ke dalam gedung Pasar Encik Puan Perak, Pemerintah Kota Tanjungpinang memastikan aktivitas jual-beli akan kembali normal dan lebih nyaman.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Penjabat (P.j) Wali Kota Tanjungpinang,Hasan,S.Sos melalui Dialog Interaktif RRI Pro 1 Tanjungpinang, Rabu (15/05/2024). Dalam kesempatan tersebut, Hasan menjelaskan bahwa selama dua hari sebelumnya Pemko Telah melakukan penertiban melalui pendekatan yang humanis untuk meminta PKL tidak berjualan di luar Pasar Encik Puan Perak.

Tidak hanya melalui penataan pasar, Pemko Tanjungpinang menurut Hasan akan tetap melakukan pengawasan melalui Satpol PP agar tidak ada lagi PKL yang berjualan diruas jalan atau lorong-lorong di kawasan pasar. Hal ini bertujuan agar masyarakat dapat melakukan aktivitas perbelanjaan di dalam Gedung Pasar Encik Puan Perak.

Penertiban ini dilakukan setelah Pemerintah Kota Tanjungpinang sebelumnya telah melakukan sosialisasi kepada para pedagang sehingga imbauan tersebut dapat diterima oleh para pedagang.

Hasan menambahkan bahwa pihaknya juga menerima aspirasi untuk perbaikan fasilitas yang belum lengkap seperti penyediaan air di Blok pedagang penjual ayam,ikan dan daging berikut dengan saluran pipa air agar tidak ada air yang menggenang.

Terkait olah gerak pedagang untuk mengangkut dagangannya juga sudah diatur. untuk memudahkan pedagang dan tidak mengganggu masyarakat yang ingin berbelanja.

Evaluasi konstruksi gedung juga akan terus diperhatikan agar dapat membantu pedagang. Pasar Encik Puan Perak sendiri saat ini telah memenuhi standar nasional sebagai pasar rakyat modern yang dibangun oleh Kementerian PUPR.

“Alhamdulilah,komunikasi terhadap pedagang berjalan dengan lancar sehingga semua pedagang dapat tertampung didalam pasar,sehingga tidak ada lagi yang berjualan dibahu trotoar karena itu merupakan hak masyarakat sebagi pengguna jalan”, ungkapnya.

Untuk meramaikan aktivitas pasar, Hasan dalam beberapa waktu ke depan akan mengadakan kegiatan senam sehat bersama diakhir pekan.

“Saya akan meminta jajaran pegawai di lingkungan Pemko Tanjungpinang untuk adakan senam sehat bersama masyarakat agar dapat memantik aktivitas pasar sehingga kembali ramai seperti semula”,tuturnya.

Dengan kerjasama berbagai pihak yang mendukung bangkitnya ekonomi melalui ramainya Pasar Encik Puan Perak diyakini akan membuat Pedagang dan Masyarakat merasa nyaman dan aman beraktivitas jual beli di Pasar Encik Puan Perak.

Disamping itu, Anggota DPRD Kota Tanjungpinang, Ria Ukur dalam kesempatan yang sama turut memberikan apresiasi atas langkah yang telah dilakukan oleh Pemko Tanjungpinang dalam menata pasar dan membangkitkan perekonomian masyarakat. Namun begitu, DPRD menurutnya akan tetap melakukan pengawasan terhadap jalannya aktivitas pasar, sehingga apabila ada kekurangan dan aspirasi dari masyarakat dapat tersampaikan ke Pemko Tanjungpinang. (Adv/Dinas Kominfo).

Comment