Pemko Tanjungpinang dan KB Bank Bukopin Teken MOU Untuk Distribusi BBM Subsidi

InDepthNews.id {Tanjungpinang} – Pj Wali Kota Tanjungpinang Hasan, Sos, bersama Regional Head VI PT Bank KB Bukopin Tbk, Adi Harianto, menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) tentang penggunaan Fuel Card Bukopin, di kantor wali kota Tanjungpinang, Rabu (08/05/2024).

Penandatanganan nota kesepakatan bersama tersebut bertujuan untuk memperkuat kerja sama dalam penggunaan Fuel Card Bukopin, yang diharapkan dapat memberikan manfaat besar bagi masyarakat.

Hasan menyatakan apresiasi atas presentasi yang telah disampaikan kemarin terkait penggunaan Fuel Card Bukopin.

“Penggunaan Fuel Card Bukopin ini memiliki inovasi yang transparan dan dapat memberikan manfaat yang baik bagi masyarakat,” ujarnya.

Hasan juga berharap kerja sama dengan Bank Bukopin dapat membantu dalam mengawasi dan memberikan dukungan teknis terhadap penggunaan Fuel Card ini oleh pemerintah.

Fuel Card ini, lanjut Hasan, akan digunakan sebagai alat pembayaran untuk Bahan Bakar Minyak (BBM) subsidi jenis solar. Meskipun kuota BBM di kota Tanjungpinang sudah mencukupi, penggunaannya untuk kebutuhan lain seperti transportasi, pertanian, dan sektor lainnya masih memerlukan rekomendasi sesuai ketentuan Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas).

“Saya mengimbau kepada OPD terkait untuk tidak ragu dalam memenuhi kebutuhan BBM seperti pertanian dan transportasi laut atau pompong,” tegas Hasan.

Namun, penggunaannya harus tetap mengacu pada inventarisasi yang akurat untuk memastikan penggunaannya sesuai dengan kebutuhan yang sebenarnya.

“Proses penyaluran Fuel Card direncanakan akan segera dilaksanakan melalui tahap awal registrasi dan sosialisasi. Penggunaan Fuel Card ini ditargetkan dapat dimulai pada bulan Juli mendatang,” ujar Hasan.

“Dengan kerja sama antara pemko Tanjungpinang dan PT Bank KB Bukopin, diharapkan implementasi program ini dapat berjalan dengan lancar dan memberikan manfaat yang optimal bagi masyarakat,”tambah Hasan.

Adi Harianto, Regional Head VI KB Bank, menegaskan bahwa kerja sama ini merupakan komitmen KB Bank dalam mendukung upaya pemerintah untuk meningkatkan efisiensi dan pemerataan distribusi bahan bakar bersubsidi, khususnya solar, kepada masyarakat.

“Terima kasih kepada pemerintah kota Tanjungpinang atas terlaksananya kerja sama ini,” ucapnya.

Menurutnya, Fuel Card Bukopin memiliki kemampuan untuk mendeteksi subsidi yang diberikan per kendaraan, dengan penentuan kuota dan besaran subsidi yang transparan dan terlihat pada dashboard.

Harianto berharap dengan adanya Fuel Card ini, pelayanan terbaik dapat diberikan dalam distribusi bahan bakar bersubsidi kepada masyarakat.

“Kerja sama antara Pemerintah Kota Tanjungpinang dan KB Bank ini diharapkan dapat menjadi langkah penting dalam meningkatkan efisiensi dan pemerataan distribusi BBM subsidi, sehingga manfaatnya dapat dirasakan secara merata oleh seluruh masyarakat,” pungkasnya.

Turut hadir Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Tanjungpinang, Kepala Dinas Perhubungan Kota Tanjungpinang, Kepala Bagian Perekonomian, Retail Dept Head KB Bank (Jakarta), Pimpinan Cabang KB Bank (Tanjungpinang). (Adv/Dinas Kominfo).

Comment