Pemantapan Ideologi Pancasila, Kesbangpol Lingga Gelar Dialog Kebangsaan

InDepthNews.id (Lingga) – Kesbangpol Kabupaten Lingga, menggelar Dialog Kebangsaan dalam Rangka Pemantapan Ideologi Pancasila.

Kegiatan yang dilaksanakan di Gedung Nasional Dabo Singkep itu mengusung tema “Pengawasan Aliran Kepercayaan dan Aliran Dalam Keagamaan (PAKEM) Kabupaten Lingga Tahun 2023”, Rabu (27/09/2023).

Asisten II Ekonomi Drs. Zainal Abidin, M.Pd mengatakan, bahwa tujuan dilaksanakannya kegiatan tersebut untuk mengantisipasi adanya aliran kepercayaan dan aliran keagamaan masyarakat.

“Pentingnya ideologi bagi suatu bangsa adalah sebagai pemersatu keseragaman, ataupun keanekaragaman bangsa. Selain itu, ideologi juga berfungsi mengatasi berbagai pertentangan (konflik) atau ketegangan sosial,” kata Zainal

Menurutnya, Pancasila merupakan perekat kebhinekaan dan merupakan sumber dari segala sumber hukum, sehingga negara ini tidak berdasarkan kekuasaan belaka.

“Pancasila merupakan kristalisasi dari nilai-nilai luhur yang berkembang ditengah masyarakat yang telah berabad lamanya dan dijadikan Way of Life,” ungkapnya

Ideologi merupakan warisan dan hasil perjuangan para pahlawan. Maka Pancasila sungguh luar biasa bukan hanya sekedar teoritis dan normatif melainkan dapat diamalkan di kehidupan sehari-hari.

“Kita tahu bahwa Pancasila merupakan alat pemersatu keberagaman yang ada di Indonesia yang memiliki beragam budaya, agama, dan etnis. Sehingga nilai-nilai Pancasila ini lah yang dapat mematahkan setiap ancaman, tantang dan hambatan,” ujarnya.

Maka dengan harapan melalui dialog Kebangsaan ini dengan pemuka agama, tokoh masyarakat dan tokoh pemuda yang mengganggu ideologi dapat di antisipasi.

“Maka dialog dengan pemuka agama, tokoh masyarakat dan tokoh pemuda di Kabupaten Lingga ini untuk mendengarkan aspirasi ormas keagamaan dan masyarakat yang akan disalurkan dalam bentuk rekomendasi,” harapnya.

Turut hadir dalam kegiatan itu, Camat Singkep Barat Febrizal Taufik, S.Sos. Hadir dalam kegiatan Kabid Ideologi Wawasan Kebangsaan Ketahananan Ekonomi Sosial Budaya dan Agama Andi Suryadi, S. Kom dan jajaran, Lurah, Forkopimda, Kepala Desa dan BPD Se-Kecamatan Singkep Barat, Ketua FKUB, Tokoh masyarakat dan Tokoh agama. (Abu Bakar)

Comment