by

Objek Wisata Pantai Batu Abang Desa Laboh Kecamatan Senayang di Padati Pengunjung

InDepthNews.id (Lingga) – Masyarakat Kabupaten Lingga memenuhi pantai Batu Abang Desa Laboh, Kecamatan Senanyang. Hal ini berhubungan dengan kegiatan warisan adat Melayu disetiap rabu terakhir bulan Safar (bulan Islam.red).

Masyarakat Lingga selalu menggelar Mandi Safar yang diawali terlebih dahulu dengan membaca doa selamat dimasjid, Surau, Langgar maupun Mushalla atau dilapangan terbuka secara bersama-sama.

Acara Mandi Safar ini diyakini oleh masyarakat melayu khususnya masyarakat Kabupaten Lingga sebagai acara religi dengan keyakinan apabila sudah melakukan mandi Safar akan terlepas dari kemalangan dan mara bahaya.

“Jadi mandi safar ini merupakan satu tatanan adat yang disandingkan dengan kegiatan keagamaan seperti diawali dengan memanjatkan doa selamat dan doa tolak bala yang dipimpin oleh tokoh agama setempat,” tutur warga setempat.

Kali ini tidak ketinggalan acara mandi Safar digelar oleh Kepala Desa Laboh Kecamatan Senayang, Padilah bersama masyarakat. Camat Senayang, Kimat Awal juga hadir dalam kegiatan mandi Safar di Desa Laboh tersebut.

Kegiatan ini digelar tepatnya di Pantai sebelah Utara Desa Laboh,dan acara mandi Safar ini berjalan cukup tertib dan lancar, Rabu (06/10) kemarin.

Kepala Desa Laboh, Padila mengucapkan terima kasih pada Camat Senayang yang telah hadir di acara mandi Safar sekaligus meresmikan Pantai Wisata Desa Laboh.

Ucapan terima kasihnya juga disampaikan kepada Ketua penitia dan masyarakat yang telah bersusah paya bergotongroyong membersihkan pantai dan memasang tenda , Alhamdulillah semua acara berjalan dengan lancar .

Kades Laboh Padila berjanji akan mengalokasikan anggaran untuk membuat fasilitas penunjang di pantai tersebut agar tahun depan pengunjungnya lebih ramai lagi. Bahkan Padila berharap pantai laboh dapat menjadi salah satu destinasiwisata yang dapat dikenal seantero Kepulauan Riau.

“Semoga saja, itu harapan kita bersama dan dengan demikian tentu berdampak pada perekonomian masyarakat,” kata Padila.

Camat Senayang Kimat Awal sangat mendukung apa yang di sampaikan Kepala Desa Laboh tersebut.

“Kita akan dorong programnya,” tutur Kimat.

(Abu)

Comment

News Feed