Momen Perayaan HUT RI Ke-76, Kecamatan Singkep Selatan menggelar Goro.

InDepthNews.id (Lingga) –Momen Apel bendera yang diselenggarakan setiap tahunnya guna memperingatan hari Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-76 Tahun 2021. Pemerintahan Kecamatan Singkep Selatan bersama Pemerintahan Desa dan warga menggelar kegiatan Gotong royong (Goro) bersih-bersih bahu jalan sepanjang lebih kurang 7 Km.

Giat Goro tersebu berawal dari persimpangan jalan tanah putih hingga Ke Jalan Dusun Kampung Remik, Desa Marok Kecil, Kecamatan Singkep selatan Kabupaten Lingga.

Camat Singkep Selatan, Sabirin S.IP menyebutkan kepada awak media, perayaan Hari Kemerdekaan tahun ini kita buat jauh beda dari tahun-tahun sebelumnya, perubahan giat ini disebabkan faktor alam kurang bersahabat disertai curah hujan deras. Sehingga giat Apel bendera setiap tanggal 17 Agustus kita ganti dengan kegiatan Goro.

“Adapun tujuan dari pada kegiatan Goro tersebut merupakan bukti kita sebagai warga negara terus mengingat jasa para pahlawan terdahulu hingga mengorbankan nyawa demi kemerdekaan bangsa dari belenggu penjajahan. Bedanya yang kita lakukan hari ini berjuang membangun daerah dengan cara melakukan bekerja sama membersihkan bahu jalan,” ungkapnya (17/08).

“Meskipun kecamatan singkep selatan tidak melaksanakan giat Apel bendera namun pelaksanaan Goro sempat terhenti sejenak pada pukul 10.00 wib guna melakukan renungan detik-detik proklamasi”, ujar yang akrab disapa Abah tersebut.

Disinggung terkait kapan akan terlialisasi pekerjaan pengaspalan Jalan menuju pusat Kota dan Kantor Kecamatan Singkep Selatan, Sabirin menjelaskan, sedang dalam proses pengajuan dan akan kita upayakan dalam waktu dekat ini.

“Segala upaya sudah kita lakukan dan insa Allah untuk pengaspalan akan menggunakan anggaran DAK dari peringkat tiga saat ini, usulan yang kita ajukan naik ke peringkat ke dua, dan insa Allah usai pekerjaan PDAM untuk wilayah Kecamatan Singkep Selatan yang saat ini sedang dikerjakan, baru nanti di lanjutkan dengan kegiatan pekerjaan pengaspalan jalan,” jawabnya.

Kegiatan Goro selain dihadiri pihak Pemerintahan Kecamatan Singkep Selatan hadir juga seluruh Perangkat Desa Di Kecamatan Singkep Selatan, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Pemuda dan Masyarakat setempat, kegiatan tersebut juga berlangsung dengan sangat baik dan tetap terlaksana dengan Protokol Kesehatan (Prokes).

(ABU).

Comment