Mahasiswa Baru IAI Miftahul Ulum Tanjungpinang Antusias Ikuti Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan

InDepthNews.id (Tanjungpinang) – Mahasiswa baru Institut Agama Islam (IAI) Miftahul Ulum Tanjungpinang Antusias mengikuti pembukaan Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) di Kampus IAI Miftahul Ulum Tanjungpinang Jalan Kepodang IV km.11 Tanjungpinang yang dihadiri oleh seluruh mahasiswa baru, dan unsur pimpinan dan civitas akademika kampus.

Rektor IAI Miftahul Ulum Dra. Hj, Mardhiah, MM menyampaikan bahwa pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) merupakan program wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa baru. PBAK ini akan menjadi salah satu persyaratan untuk wisuda dan PBAK tahun 2024 ini merupakan PBAK pertama kali setelah perubahan kampus dari Sekolah Tinggi Agama Islam menjadi Institut Agama Islam Miftahul ulum Tanjungpinang.

“Selamat datang di kampus Institut Agama Islam Miftahul Ulum Tanjungpinang jadikanlah momen ini sebagai titik awal perjalanan  dengan penuh semangat dan optimisme dan Dedikasi serta membawa perubahan bagi bangsa dan negara,” ucap Rektor IAI Miftahul Ulum Dra. Hj, Mardhiah, MM, Senin (09/09/2024).

Menurut Rektor IAI ini, PBAK bukan merupakan kegiatan seremonial saja melainkan pintu gerbang mengenal budaya akademik, mengenal nilai nilai keilmuan juga pengenalan kehidupan kampus yang dinamis.

“Mahasiswa di tuntut belajar di dalam kelas dan juga mengembangkan ilmu dari luar kelas juga, Mahasiswa diajak berpikir kritis, kreatif dan solutif dalam menghadapi berbagai tantangan yang kompetitif,” sebutnya.

Rektor IAI Miftahul Ulum Dra. Hj, Mardhiah, MM/F: Zahari

Selain itu lanjut Rektor Hj, Mardhiah, PBAK juga sebagai pondasi penting dalam membentuk karakter dan kompetensi sebagai calon intelektual dan pemimpin yang akan datang.

“Kehidupan kampus membuat  mahasiswa belajar berkolaborasi, berorganisasi dan berinteraksi dengan berbagai pihak, untuk itu Mahasiswa harus memiliki kepekaan terhadap lingkungan sosial, memiliki jiwa kepemimpinan berkontribusi dalam memajukan kampus, masyarakat dan bangsa,” ajaknya.

“Namun dari itu semua yang paling penting adalah menjadikan Al- Qur’an dan Sunnah sebagai pedoman dalam kehidupan dan menjadikan nilai- nilai islami dalam setiap aktivitas,” ujar Rektor mengakhiri.

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana Hairunnisa, M.Pd dalam laporannya mengatakan, Kegiatan BPAK ini dilaksanakan dari tanggal 9-11 September 2024 dan diikuti sebanyak 73 mahasiswa baru yang tersebar di berbagai Program Studi seperti di  Pendidikan Agama Islam (PAI ), Tadris Bahasa Inggris (TBI), Ekonomi Syariah (ESY) dan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI).

“Adapun Tema pada Kegiatan PBAK tahun 2024/2025 ini adalah mewujudkan generasi muda yang unggul, Kompetitif, dan Berakhalakul Kharimah Menuju Indonesia Emas 2025,” sebut Hairunnisa, M.Pd.

Menurutnya, dengan Transformasi kampus dari Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) menjadi Institut Agama Islam Miftahul Ulum Tanjungpinang menunjukan bahwa Kampus sangat peduli dan konsistensi dengan kualitas kemajuan Pendidikan yang ada di Provinsi Kepri khususnya Tanjungpinang.

“Institut Agama Islam Miftahul Ulum Tanjungpinang secara konsisten terus meningkatkan kualitas dalam rangka
menciptakan SDM yang handal, kompeten dan berdaya berdaya saing dan memiliki akhlak mulia dalam menghadapi tantangan global,”pungkas Hairunnisa, M.Pd. (Zahari)

Comment