Lanal TBK Lepas Tugboat Asal Malaysia yang Sempat Terdampar di Peraiaran Leho

InDepthNews.id (Karimun) – Komandan Lanal Tanjungbalai Karimun, melakukan pelepasan tugboat atau kapal TB Meisun T31 berbendera Malaysia, Kamis 12 Agustus 2021.

Pelepasan tersebut dilakukan langsung di dermaga Lanal Tanjung Balai Karimun. Kapal temuan berupa Tug Boat berbendera Malaysia sebelumnya ditemukan di peraiaran Karimun daerah Leho pada bulan 20 Juni lalu.

Saat ditemukan kondisi kapal dalam keadaan mengapung. Karena mencurigakan anggota Posal Leho langsung diamankan ke Dermaga Lanal TBK dan dilakukan pemeriksaan.

Danlanal TBK, Letkol Laut (P) Puji Basuki dalam menjelaskan, penandatanganan berita acara pelepasan TB Meisun T31 telah dilaksanakan antara Lanal Tbk dengan pihak agen yang ditunjuk oleh PT See Song & Sons, Malaysia yakni Direktur Keagenan PT. PBJ Shipping Lines Karimun Bambang Widodo yang berdomisili di Kabupaten Karimun.

“Kapal TB Meisun T31 kita lepas untuk kembali kembali berlayar ke Malaysia. Hasil koordinasi dan laporan ke Panglima Koarmada I, sejauh ini tidak ada unsur kejahatan atau kegiatan ilegal yang telah dilakukan oleh TB Meisun T31 baik di Malaysia maupun di Indonesia,” kata Puji Basuki di dermaga Lanal Tanjung Balai Karimun pada saat acara pelepasan kapal.

Puji mengatakan, setelah dilaksanakan pemeriksaan lanjutan didapatkan hasil 3 orang kru kapal asal WNI sengaja membawa kapal keluar dari trayek dari perairan Malaysia menuju ke perairan Karimun.

Ketiga kru kapal asal WNI itu yakni, Claudya Stefani asal Kabupaten Poso Sulawesi, Anwar asal Cilincing Jakarta Utara, dan Wayan Lampung Selatan, ketiganya melarikan diri dikarenakan masalah finansial.

“Hal ini diperkuat dari keterangan mereka yang telah kita ambil via video dan surat pernyataan yang sebenarnya mereka berkeinginan melarikan diri namun terkendala peraturan negara Malaysia dengan memberlakukan blacklist terhadap pekerja yang melarikan diri,” ucap Puji Basuki.

Direktur Keagenan PT. PBJ Shipping Lines Karimun, Bambang Widodo yang mewakili pemilik kapal Mr. Eric dari PT See Song & Sons, Malaysia menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada Panglima Koarmada I dan pihak TNI Angkatan Laut TBK yang membantu dan sudah mempertimbangkan untuk mengizinkan kapal TB Meisun T31 lepas dan berlayar kembali ke Malaysia.

“Atas nama pihak perusahan kami mengucapkan terimakasih dan apresiasi kepada Panglima Koarmada I dan Danlanal TBK Letkol Laut (P) Puji Basuki beserta jajaran,” ujar Bambang Widodo.

Dalam acara pelepasan kapal Tug Boat Asal Malaysia tersebut turut disaksikan oleh Palaksa May. Laut (KH) R. Agung Gunawan, Pasintel Lanal TBK Kpt. Laut (E) M. Amir Mahmud, Kasiintel Dakim Imigrasi kelas II/TBK Fajri Nusantara, S.H, dan Ka Pos Kesyahbadaran Meral, Hariadi Utama.

(Yan Turnip)

Comment