KPU Kepri Resmi Luncurkan Pilkada Serentak Kepulauan Riau Tahun 2024, Hewan Kekah Jadi Maskot Pilkada

InDepthNews.id (Tanjungpinang) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) laksanakan kegiatan Peluncuran Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak Kepulauan Riau tahun 2024, kegiatan dilaksanakan di Tugu Sirih Tepi Laut Tanjungpinang, Sabtu (27/04/2024).

Ketua KPU Provinsi Kepulauan Riau Indrawan Susilo Prabowoadi, dalam sambutannya mengatakan, Pemilihan serentak di Provinsi Kepri pada tanggal 27 November 2024 nanti akan dilaksanakan untuk Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Kepri, dan Pemilihan Bupati/Wakil Bupati dan Walikota dan Wakil Walikota di 7 Kabupaten/kota yang ada di Provinsi Kepri.

“Kegiatan pemilu ini merupakan agenda Nasional yang ke 2 di tahun 2024 setelah pemilihan Presiden dan Wakil Presiden serta Pemilihan Legislatif dan DPD RI pada 14 April 2024 lalu,” ujarnya.

Indrawan menjelaskan, kalau pada Pemilu Pilkada Serentak Provinsi Kepri tahun 2024 nanti jumlah pemilih kurang lebih sama dengan jumlah pemilih pada Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden serta Pemilihan Legislatif dan DPD RI lalu.

“Pemilih pada Pilkada serentak nanti tetap akan didominasi oleh pemilih yang berasal dari gen y dan z,” ungkapnya.

Untuk tahapan Pilkada, lanjut Indrawan, pihaknya juga akan memulai membuka pendaftaran pada 5 Mei 2024 mendatang untuk peserta Pilkada, baik itu dari calon perseorangan dan calon dari partai politik dan gabungan partai politik.

“Kita juga mengajak semua pihak untuk berkontribusi dalam menyukseskan Pilkada dan juga sedini mungkin potensi-potensi kerawanan Pilkada nantinya,” pungkasnya.

Dalam Peluncuran Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak Kepulauan Riau tahun 2024 oleh KPU Provinsi, dikenalkan juga Maskot Pilkada yakni Hewan Kekah.

Hewan Kekah ini dipilih karena Kekah merupakan hewan endemik yang berasal dari Kabupaten Natuna Provinsi Kepri.

Selain Maskot KPU Kepri juga mengenalkan Slogan Pilkada Serentak Kepulauan Riau 2024 yakni RAMI (Rakyat Memilih) dan Kesi (Kepri Demokrasi) (Red)

Comment