by

Ketua Umum Satupena dan Hati Pena, Denny JA Perjuangkan Penulis agar Sejahtera

InDepthNews.id (Jakarta) – Penulis Denny JA yang dua pekan lalu dipilih secara aklamasi selaku Ketua Umum Satupena dan Hati Pena, sebuah perhimpunan penulis, berjanji akan memperjuangkan para penulis agar mereka bisa sejahtera dengan profesinya.

Dalam sebuah narasi tertulis yang disiarkan, Sabtu (28/8/2021), di Jakarta, Denny akan memperjuangkan kesejahteraan penulis melalui tujuh program unggulannya selama menjabat untuk periode 2021-2026.

“Kembali ke khitah menjadi inspirasi bagi para penulis untuk kembali mengambil peran signfikan untuk mewarnai batin zamannya,” kata Denny dalam sambutan pidatonya secara tertulis.

Oleh karena itu, tambahnya, penulis perlu berhimpun, menyatukan aspirasi.

Sangat sering terjadi, katanya, organisasi bersama lebih kuat dan lebih mampu menjalankan lobi-lobi untuk kebijakan publik yang lebih ramah kepada penulis.

“Himpunan dan komunitas dapat menjadi samudra. Jika penulis adalah ikan-ikannya, samudra menyediakan lingkungan, ekosistem yang sehat dan kaya bagi ikan-ikan itu,” katanya.

Dengan berhimpun di Satupena/Hati Pena, Denny akan perjuangkan kesejahteraan penulis melalui tujuh program unggulannya, yaitu;

Award
Setiap tahun menyambut 17 Agustus, Satupena/Hati Pena membentuk dewan juri untuk memberikan award kepada penulis terbaik. Hadiah berupa sertifikat dan dana.

Perpustakaan Dunia
Satupena/Hati Pena akan menyediakan akses perpustakaan kepada ribuan jurnal akademik di JSTOR, dan akses kepada perpustakaan terbaik dunia (dijajaki library of congres di AS, Inggris). Juga dijajaki akses ke perpustakan nasional dan DPR.

Print on Demand
Satupena/ Hati Pena membuat usaha atau sekurangnya bekerja sama dengan usaha print on demand.

Dibentuk satu tim kurator membantu teman teman anggota menerbitkan bukunya hingga ke layout dan ISBN.

Lalu bisa jual on demand. Sekitar 75 persen keuntungan untuk penulis.

Bisa juga dijual secara PDF bekerja sama dengan satu usaha yang sudah berdiri.

Akun Youtube
Satupena/Hati Pena membentuk tim untuk membuat akun youtube, dua pekan sekali mewawancarai penulis berprestasi, atau yang baru saja menerbitkan karya menarik, menggali proses kreatif penulis yang bersangkutan.

Ini dimaksudkan untuk memberi inspirasi dan tukar pengalaman sesama penulis.

Diskusi 2 Mingguan Webinar

Satupena/Hati Pena membentuk tim sebagai forum anggota untuk bisa aktif mengikuti perkembangan terbaru soal buku ataupun peristiwa menarik setiap dua pekan minggu.

Diskusi ini bisa juga diikuti melalui Facebook dan YouTube.

Koneksi ke Industri
Satupena/Hati Pena akan membentuk tim mencari pola kerja sama dengan Netflix, dan sejenisnya, juga industri lain, menyalurkan karya penulis: skenario, dan lainnya agar ikut meramaikan dunia industri masa kini.

Lingkungan Kebijakan

Satupena/Hati Pema membentuk tim agar dalam jangka panjang terbentuk kebijakan yang ramah kepada penulis (pemerintah menstop/mengurangi pembajakan, pajak penulis yang lebih friendly, dan juga royalti penulis yang lebih memuaskan). *

Comment

News Feed