Kemendagri Apresiasi Keaktifan Lingga Dalam Pelaporan SIPD

InDepthNews.id (Lingga) – Dipilihnya Kabupaten Lingga menjadi rujukan Sistem Informasi Pembangunan Daerah (SIPD) untuk Kabupaten/Kota se-Indonesia oleh Kemendagri, menjadi kebanggaan tersendiri bagi Bupati Lingga, Muhammad Nizar.Hal tersebut disampaikannya langsung kepada Mendagri, Tito Karnavian yang hadir pada kunjungan kerja ke Provinsi Kepulauan Riau bersama seluruh Forkopimda Kepulauan Riau di Hotel Marriot, Kota Batam, Kamis (13/01/2022).

“Terima kasih kepada Mendagri karena dipilihnya Kabupaten Lingga menjadi salah satu rujukan pemerintah daerah Kabupaten dan Kota untuk SIPD penatausahaan keuangan daerah,” kata dia.

Kabupaten Lingga termasuk dari 21 Kabupaten/Kota se-Indonesia yang menggunakan full SIPD dan menjadi binaan Kemendagri untuk menjadi Role Model SIPD se-Indonesia. Secara statistik SIPD, Kabupaten Lingga mengalami kemandirian sistem SIPD.

Nizar menjelaskan, sejak SIPD muncul hingga sekarang, dari pelaporan, penganggaran hingga proses selanjutnya, pemerintah Kabupaten Lingga, sudah melakukan penggunaan SIPD secara penuh. Walaupun dalam perjalanan masih ada kendala, namun dibackup dari SIMDA.

Dan selanjutnya untuk penatausahaan laporan setiap bulan ke SIPD Kemenkeu belum terintegrasi. Dia berharap hal tersebut dapat dipercepat sehingga tidak lagi terlambat setiap bulannya menyampaikan laporan keuangan.

Dampak terlambat dilaporkan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) konsekuensi tertunda-tunda Dana Alokasi Umum (DAU).

“Untuk SIPD ini memang akuntansi pelaporan Kabupaten Lingga meminta pendampingan langsung dari Kemendagri untuk LKPD 2021,” jelas dia.

Mendagri, Tito Karnavian pada saat itu menunjukan langsung Dr. Drs. Agus Fatoni, M.Si, Kepala Badan Litbang Kemendagri yang kebetulan ikut hadir pada pertemuan tersebut, untuk melakukan pendampingan terkait.

Arahan Mendagri direspon cepat oleh mantan Sekretaris Direktorat Jenderal Bina Keuangan Daerah Kemendagri ini, dan memberikan asistensi serta pendampingan untuk Kabupaten Lingga.

“Lingga sangat aktif lakukan dan kami siap memberikan asistensi serta pendampingan,” kata Agus Fatoni.

(***)

Comment