Hore, Pemprov Kepri Gratiskan SPP dan Seragam Sekolah untuk SMA, SMK dan SLB Negeri se-Kepri

InDepthNews.id (Tanjungpinang) – Kabar gembira datang dari Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) karena akan mengratiskan iuran SPP dan Seragam Gratis bagi SMA, SMK dan SLB pada tahun 2024 ini.

“Pemerintah Provinsi Kepri memiliki kewenangan untuk menangani Sekolah Menengah Atas (SMA), Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), serta Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri dan juga mendukung sekolah-sekolah swasta,” kata Gubernur Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), Ansar Ahmad, pada medsosnya @ansarahmadkepri.

Namun, lanjut Ansar, untuk jenjang pendidikan Sekolah Menengah Pertama (SMP) menjadi kewajiban atau tupoksi kabupaten dan kota, selain Sekolah Dasar (SD).

“Maka SPP dan seragam gratis yang kita sediakan diawal ini (tahun 2024-red) hanya untuk siswa SMA, SMK, dan SLB negeri di Kepri,” ujarnya.

Namun, untuk seragam gratis tambah Ansar, untuk saat ini pemerintah baru bisa menyediakan untuk dua stel awal karena harus diberikan dalam jumlah yang banyak yakni untuk 7 kabupaten kota di Kepri.

“Untuk Madrasah Aliyah Negeri (MAN), SPP kemungkinan kita gratiskan dibulan Januari 2025 nanti tapi kita pelajari dulu aturannya, karena MAN di bawah naungan Kementerian Agama,” ungkapnya.

Sementara itu, untuk sekolah swasta, pemerintah juga memberikan perhatian dalam bentuk insentif bagi guru-gurunya agar tetap eksis.

“Insyaallah Program gratis SPP ini akan mulai kita berlakukan pada bulan Juli 2024 untuk siswa SMA, SMK, dan SLB negeri,” tegasnya.

Menurut Ansar, program ini dilakukan untuk menjawab keluhan para ibu-ibu yang selama ini mengeluhkan kalau ada ijazah anaknya ditahan sekolah karena belum melunasi SPP.

“Bahkan ada juga orangtua yang kebingungan kesana-kemari untuk mencari uang guna melunasi uang SPP anaknya, agar anaknya bisa mengikuti ujian, karena biaya SPP masih belum lunas, maka itu tidak boleh terjadi lagi, maka dari itu kita gratiskan aja,” pungkas Ansar. (Red)

Comment