by

GNRM UMRAH Tahun 2021 di Desa Berakit Gelorakan Semangat Gotong Royong Pemuda dalam Menghadapi Pandemi Covid-19.

InDepthNews.id (Bintan) – Bila sebelumnya Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM) yang di Taja oleh Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) Tahun 2021 menyasar pada Desa Malang Rapat Kabupaten Bintan Provinsi Kepri, kali ini GNRM UMRAH Tahun 2021 dilanjutkan ke Desa Berakit Kabupaten Bintan Provinsi Kepri.

Sambutan yang luar biasa di rasakan oleh Tim GNRM UMRAH dari Kelompok masyarakat, Karang Taruna serta Pemerintah Desa Berakit yang pada saat itu, di wakilkan oleh Sekretaris Desa Berakit.

Dalam sambutannya Pemerintah Desa Berakit yang disampaikan melalui Sekretaris Desa Bapak Majerur, mengucapkan terimakasih kepada TIM GNRM UMRAH yang telah menjadikan Desa Berakit menjadikan sebagai salah satu Desa tujuan kegiatan.

Pemaparan Oleh Narasumber Bapak Aditya Hikmat Nugraha, S.Pi., M.Si Yang Juga Merupakan Wakil Dekan 1 Bidang Akademik, Kemahasiswaan dan Kerjasama Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan UMRAH.
Pemaparan Oleh Narasumber Bapak Aditya Hikmat Nugraha, S.Pi., M.Si Yang Juga Merupakan Wakil Dekan 1 Bidang Akademik, Kemahasiswaan dan Kerjasama Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan UMRAH.

“Kami atasnama Pemerintah Desa Mengucapkan terimakasih kepada Tim GNRM UMRAH yang telah menjadikan Desa Berakit ini sebagai tujuan kegiatan, semoga kegiatan ini bermanfaat bagi kemajuan desa Berakit kedepannya,” ucap Majenur

Selain itu, Majenur juga berharap Gerakan Nasional Revolusi Mental sebagai motivasi kepada pemuda/i Desa Berakit untuk terus berperan aktif dalam proses pembangunan Desa dalam bentuk karya yang inovatif.

“Kedepannya kami juga mengundang Dosen dan Mahasiswa Universitas Maritim Raja Ali Haji untuk dapat turut serta memajukan Desa Berakit melalui program riset dan pengabdian dalam pengembangan Kawasan Wisata Magrove yang ada di Desa Berakit,” ungkap Majenur.

Sesi Tanya Jawab
Sesi Tanya Jawab

Sementara itu, TIM GNRM UMRAH Tahun 2021 di Desa Berakit dalam kegiatan sosialisasi menghadirkan Aditya Hikmat Nugraha M.Si yang merupakan Wakil Dekan 1 Bidang Akademik, Kemahasiswaan dan Kerjasama Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan UMRAH dan Aidil Fadli Ilhamdy, S.Pi M.Si yang juga Dosen di Jurusan Teknologi Hasil Perikanan UMRAH.

Dalam pemaparannya, Aditya Hikmat Nugraha M.Si menyampaikan pentingnya peran pemuda dalam membangun bangsa. Dia juga meminta pemuda untuk dapat terus berfikir jernih dan mampu bekerja keras.

“Peran pemuda dalam membangun bangsa dapat dilihat dari peran pemuda sebagai agent of change atau agen perubahan. Artinya pemuda memiliki peranan untuk melakukan perubahan-perubahan dalam lingkungan masyarakat, baik secara nasional maupun daerah, menuju kepada arah yang lebih baik lagi pada masa yang akan datang,” Papar Aditya memberi semangat peserta yang hadir.

Ket Foto (dari kiri ke kanan) Aditya Hikmat Nugraha, S.Pi., M.Si, Sekdes Berakit Bpk. Majenur dan Aidil Fadly Ilhamdi, S.Pi, M.Si (Ketua Pokja GNRM UMRAH 2021)
Ket Foto (dari kiri ke kanan) Aditya Hikmat Nugraha, S.Pi., M.Si, Sekdes Berakit Bpk. Majenur dan Aidil Fadly Ilhamdi, S.Pi, M.Si (Ketua Pokja GNRM UMRAH 2021).

“Salah satu upaya dalam menjadi agen perubahan adalah saling memotivasi dan mendorong adanya kemajuan pada masyarakat dan salah satu kunci agar dapat sukses menjadi agent of change pastinya adalah keyakinan yang dimiliki para pemuda, maksudnya adalah para generasi muda harus yakin akan apa yang mereka miliki dan selalu melakukannya dengan baik dan benar,” ujarnya menambahkan

Dalam kesempatan itu, Adit juga menyampaikan mengenai potensi kelautan dan perikanan yang ada di Desa Berakit yang harus terus dikelola dengan bijak agar terus dapat dinikmati oleh generasi selanjutnya.

Ditempat yang sama, Aidil Fadli Ilhamdy, S.Pi M.Si yang juga bertindak sebagai narasumber dalam pemaparannya menyampaikan pentingnya semangat gotong royong dalam mendorong produk olahan perikanan yang sudah dihasilkan oleh UMKM yang berada di Desa Berakit untuk dapat melibatkan peran pemuda desa dalam hal promosi di era digital.

“Peran pemuda dalam pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) sangatlah penting di era digital saat ini. Dengan ini mari kita dorong minat para pemuda untuk berwirausaha menjadi hal yang harus dilakukan dan anak muda harus inovatif, berani  dan berkelangsungan dalam berwirausaha dengan memanfaatkan promosi secara digital,” ungkap Aidil

“Saya melihat banyak hasil perikanan yang telah dihasilkan oleh UMKM di Desa Berakit ini, jika generasi muda tidak memanfaatkan program UMKM ini, kita akan ketinggalan dan kalah bersaing dengan orang lain, kalau tidak sekarang kapan lagi, kalau bukan kita siapa lagi,” Pungkas Aidil mengakhiri.

(Redaksi)

Comment

News Feed