Galanova Award 2023, Inovasi SI IKAN Raih Peringkat Pertama Kategori Tata Kelola Pemda Terinovatif

InDepthNews.id (Bintan) – Pemerintah Kabupaten Bintan melalui Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan (Bappelitbang) Bintan menggelar Galanova Award Bintan 2023.

Galanova Award merupakan pemberian penghargaan kepada organisasi perangkat daerah unit kerja serta kecamatan terinovatif dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat sepanjang 2023.

Galanova Award tersebut juga bersifat independen dalam hal penilaian, karena melibatkan perguruan tinggi yang ada seperti Umrah, Stisipol dan STT Indonesia Tanjungpinang.

Didi Kurniadi Sekretaris Bappelitbang Kabupaten Bintan mengatakan untuk tahun 2023 ini, merupakan ke tiga kalinya mengadakan Galanova Award ini.

“Ini merupakan ke-3 kalinya diadakan Galanova Award, Galanova Award ini merupakan apresiasi, penghargaan kepada OPD yang memang punya inovasi,” kata Didi di Kantor Bupati Bintan Bunyu, Jumat (06/10/2023).

Menurutnya Didi, adapun alasan diperlombakan, agar para OPD punya semangat mau mendaftarkan inovasi, menciptakan inovasi dan menjaga inovasi semakin baik lagi.

Terkait OPD yang berhasil mendapatkan penghargaan, sambungnya, nantinya akan diberikan insentif berupa anggaran tambahan.

“Bagi OPD yang berhasil akan diberikan anggaran tambahan, yang tentunya disesuaikan dengan APBD daerah, kalau APBD daerah besar maka anggaran tambahannya juga besar,” ungkapnya.

“Kami berharap seluruh OPD di Bintan dapat terus melakukan  inovasi terbaru demi pelayanan dan pembangunan Bintan lebih baik,” harap Didi

Senada, Umi Habibi Kabid Penelitian dan Pengembangan Bappelitbang Kabupaten Bintan menjelaskan, kalau penilaian dimulai dari proses penjaringan selama 3 bulan, dimana OPD melaporkan inovasi mereka yang didukung dengan SK, Dokumentasi dan kelengkapan administrasi yang didukung dengan video dokumentasi.

“Setelah dilaporkan, kita akan lakukan verifikasi inovasi-inovasi yang dianggap memiliki nilai kematangan yang lebih, kemudian kita laporkan ke Kemendagri untuk dinilai,” jelas Umi

“Untuk didaerah, kita melibatkan juri yang terdiri dari Kepala Bappelitbang, Kabag Organisasi dan 3 dari perguruan tinggi,” tutupnya.

Sementara itu adapun para pemenang Galanova Award yakni Kategori tata kelola pemerintah daerah terinovatif Peringkat 3 diraih oleh DLH Kabupaten Bintan dengan Inovasi SIBATA MERAH, Peringkat 2 Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Bintan dengan Inovasi LANCAR, Peringkat 1 diraih oleh DKP Bintan dengan Inovasi SI IKAN.

Kategori inovasi pelayanan publik terinovatif peringkat 3 Dinas Pendidikan Bintan dengan Inovasi TV Bintan Channel, peringkat 2 Dinsos Bintan dengan Inovasi Bintan Peduli Lansia, dan peringkat pertama diraih oleh Dinas Tenaga Kerja Bintan dengan Inovasi Si Lancar.

Kategori bentuk lainnya terinovatif peringkat 3 diraih oleh Dispora dengan Inovasi Pencegahan Dini Anti Narkoba, peringkat 2 Dinas Kebudayaan dan Pariwisata bintan dengan inovasi E – Book Kebudayaan, peringkat pertama diraih oleh Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian dengan Inovasi Bina Bangkatan.

Selanjutnya Puskesmas Terinovatif peringkat ke 3 diraih UPT Puskesmas Teluk Bintan, Peringkat ke 2 UPTD Puskesmas Kawal, peringkat pertama diraih oleh UPTD Puskesmas Tambelan.

Kemudian, unit kerja desa, kelurahan Terinovatif peringkat ke 3 diraih Desa Tembeling, Peringkat ke 2 Desa Mantang Lama, peringkat pertama diraih oleh Kelurahan Tanjunguban Selatan.

Sementara itu, inovasi terfavorit diraih bank sampah pensosmas kelurahan Tanjunguban selatan.

Dan untuk Perangkat daerah terinovatif Peringkat 5 diraih Badan Penanggulangan Bencana Daerah Bintan, Juara 4 Disdukcapil Bintan dan Peringkat 3 diraih Dinas Koperasi Usaha Mikro Perdagangan dan Perindustrian Bintan, Peringkat ke 2 Badan Pendapatan Daerah dan Peringkat pertama jatuh kepada Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu Bintan. (Handoko)

Comment