by

Dibuka Sekda Kamsol, UIN Suska Riau Gelar Kegiatan Pengabdian Masyarakat 2021.

InDepthNews.id (Meranti) -Bupati Kepulauan Meranti diwakili Sekretaris Daerah Dr. H. Kamsol, membuka secara resmi kegiatan Pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan oleh Universitas Islam Sultan Syarif Kasim (UIN Suska) Riau, kegiatan yang bertemakan “Pemberdayaan Ekonomi Syariah Kembangkan Potensi Meranti Sebagai Kota Sagu” dipusatkan di Aula Biru Kantor Bupati Meranti, Kamis (02/09/2021).

Seperti dijelaskan oleh Ketua Tim Pegabdian Masyarakat UIN Suska Riau Ahmad Fauzy SHi MA, kegiatan pegabdian masyarakat merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan oleh para Dosen sesuai dengan Tri Darma Perguruan Tinggi yang harus dilaksanakan oleh para Dosen pengajar disamping penelitian lapangan dan pendidikan pengajaran.

Dan kegiatan yang digelar kali ini dikatakan Ahmad Fauzy dilakukan secara mandiri dalam rangka memberikan pencerahan kepada masyarakat Meranti dibidang Pemberdayaan Ekonomi Syariah Kembangkan Potensi Meranti Sebagai Kota Sagu.

“Tema ini sengaja dipilih UIN karena diprediksi kedepan ekonomi Indonesia akan beralih kepada ekonomi syariah berbasis pada Al-Quran dan Hadist, melalui kegiatan ini masyarakat akan mendapatkan bekal terkait ekonomi syariah sehingga lebih siap menyambut era baru tersebut dalam mendorong peningkatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat,” ujarnya.

Bertindak sebagai pembicara Dosen Fakultas Dakwah dan Komunikasi Pengembangan Masyarakat Islam Achmad Ghozali Syafi’i, kandidat Doktor Ilmu Dakwah dan Komunikasi UIN yang merupakan anak jati Meranti tersebut memaparkan bagaimana cara pemberdayaan ekonomi syariah dalam upaya mengembangkan potensi Meranti sebagai Kota Sagu.

Dari pantauan media, kegiatan ini mendapat sambutan antusias dari para peserta yang sebagian besar merupakan para pelaku usaha yang ada di Kepulauan Meranti. Peserta tampak serius mendengarkan materi yang dipaparkan oleh pembicara yang juga memberikan kesempatan kepada para peserta untuk bertanya dan memberikan masukan terkait materi dan kondisi yang terjadi dilapangan untuk bersama-sama mencari solusinya.

Menyikapi pelaksanaan kegiatan tersebut, Sekdakab. Meranti H. Kamsol, mengatakan kegiatan yang dilaksanakan oleh para akademisi UIN ini sangat baik dan strategis dalam upaya memberikan pemahaman dan pencerahan kepada masyarakat tentang pemberdayaan ekonomi syariah yang sedang viral saat ini dalam upaya mengembangkan potensi Meranti sebagai Kota Sagu.

“Diharapkan nanti ilmu yang diperoleh para peserta yang terdiri dari para pelaku usaha dapat diaplikasikan dan diteruskan kepada para peserta didik dan masyarakat lainnya sehingga lebih siap menyambut berbagai peluang bisnis yang menerapan ekonomi syariah,” ungkapnya.

Tak lupa atas nama Pemerintah Daerah Sekda Kamsol mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang tinggi kepada para Dosen pengajar UIN yang telah memilih Kepulauan Meranti sebagai lokasi pengabdian.

Turut hadir dalam kegiatan itu, Dosen Fakultas Suariah dan Hukum selaku Ketua Tim Pegabdian Masyarakat UIN Suska Riau Ahmad Fauzy SHi MA, Dosen Fakultas Dakwah dan Komunikasi Pengembangan Masyarakat Islam Achmad Ghozali Syafi’i, Afrinaldi Rustam, Zulfahmi, serta para peserta lainnya.

(BATUBARA).

Comment

News Feed