Desa Wacanakan Guna Dana CSR Tambang Untuk Air Bersih, Plt. Kadis PU-PR Lingga Sebut Sudah Ajukan Anggaran Di APBD Murni 2022.

InDepthNews.id (Singkep Selatan) – Perusahaan Tambang yang saat ini sedang beraktivitas di Desa Marok Kecil Kecamatan Singkep Selatan Kabupaten Lingga menyalurkan dana Corparate Social Responsibility (CSR) untuk pembangunan sarana air bersih yang bertujuan untuk memenuhi seluruh kebutuhan masyarakat desa.

Kepala Desa (Kades) Marok Kecil, Rusdi yang akrab di sapa Alai mengatakan warga masyarakat Desa Marok Kecil terdiri dari 2 dusun, 1 dusun sudah menikmati air bersih, khususnya di dusun 01 Kampung Laboh yang dibangun melalui Program Dinas PU-PR tahun 2021 ini. Dan 1 dusun lagi saat ini sedang diupayakan juga untuk dibangun sarana air bersih menggunakan dana CSR.

Tampak Kebahagian Warga Desa Marok Kecil Sudah Bisa Menikmati Fasilitas Air Bersih Yang Dibangun Oleh Dinas PU-PR Kabupaten Lingga.
Tampak Kebahagian Warga Desa Marok Kecil Sudah Bisa Menikmati Fasilitas Air Bersih Yang Dibangun Oleh Dinas PU-PR Kabupaten Lingga.

“Alhamdulillah bang, sarana air bersih yang dibangun melalui program Dinas PU-PR Kabupaten Lingga untuk wilayah Kecamatan Singkep Selatan, meski masih dalam tahap percobaan namun saat ini untuk wilayah Dusun 01 Kampung Laboh sudah berjalan lancar dan sudah dapat di manfaatkan oleh warga sesuai harapan”, ucapnya.

Menurut Rusdi, terkait masalah ketuntasan pekerjaan yang dilakukan pihak kontraktor, tampaknya sudah hampir seratus persen, termasuk pemasangan pipa jaringan ke setiap rumah warga kampung dusun 01 Laboh.

“Alhamdulillah juga untuk kelancaran air tampak sangat tidak jauh beda dengan PDAM Dabo Singkep dan untuk hasil airnya juga saat ini sangat menjanjikan dan tampak sangat bersih,” Terangnya.

Lebih lanjut Rusdi menjelaskan, Berdasarkan program dan anggaran yang terrealisasi di tahun 2021 ini masih terbatas, hanya pembangunan penampungan bak induk dan pemasangan jaringan pipa air bersih yang terfokus untuk kebutuhan warga Kampung dusun 01 Laboh saja.

“Insaallah untuk memenuhi kebutuhan seluruh warga Desa Marok Kecil yang mencangkup Dua Dusun, maka kita pihak desa berwacana akan mengajukan usulan permohonan penggunaan anggaran dana CSR dari perusahaan tambang,” ucapnya

“Rencana kita akan adakan musyawarah bersama perangkat desa dan perwakilan warga dalam waktu dekat ini, untuk membahas mengenai wacana dan inisiatif kita menggunakan anggaran dana CSR tambang yang sedang beroperasi saat ini digunakan untuk pengajuan pengadaan pipa jaringan air bersih guna memenuhi kebutuhan warga yang bermukim di Dusun 02 Remik, yang masih termasuk wilayah kerja Desa Marok Kecil yang menjadi menjadi beban tanggung jawab saya selaku Kades saat ini”, tambah Rusdi.

Lanjutnya, dengan terealisasi nya salah satu kebutuhan warga guna menopang kebutuhan dalam kehidupan sehari-hari. Rusdi mewakili masyarakat Desa Marok Kecil mengucapkan terima kasih kepada pemerintah terutama dalam hal ini pemkab lingga dan Intansi terkait yang sudah berusaha keras memperjuangkan apa yang selama ini menjadi impian warga akan pentingnya sumber air bersih, tutup Rusdi.

Menanggapi perencanaan penggunaan anggaran CSR tambang untuk memenuhi kebutuhan air bersih untuk dua dusun Desa Marok Kecil tersebut. Saat dikonfirmasi melalui via telepon seluler Plt. Kadis PU-PR Kabupaten Lingga Novrizal mengatakan “Alhamdulillah bang pekerjaan pembangunan sumber air bersih Desa Marok Kecil boleh dikatakan selesai dan laporan yang kami terima juga air sudah mengalir ke rumah-rumah warga”, ujarnya.

Lebih lanjut Novrizal menjelaskan, terkait wacana pihak Desa Marok Kecil akan memenuhi kebutuhan air bersih untuk seluruh warganya dengan menggunakan dana CSR tambang tersebut, hendaknya pihak pemerintah desa koordinasi dulu kepada kita sebelum itu di ajukan, pasalnya kita dari PU-PR juga sudah mengajukan RAB usulan kelanjutan kerjanya di pembahasan APBD-P Tahun 2021 ini.

“Dan insa allah jika anggaran APBD Kabupaten Lingga Tahun Anggaran 2022 tercukupi maka maka pekerjaan pemasangan pipa jaringan sumber air bersih akan dilanjutkan dengan perencanaan hingga sampai ke Desa Resang pusat ibu Kota Kecamatan Singkep Selatan,” jelasnya.

Selanjutnya, disinggung terkait kapan dilaksanakan serah terima dan siapa pengelolaan kedepan. (Kata Novrizal-red) Insa allah pelaksanaan giat serah terima sekaligus peresmian nya akan digelar di bulan November bertepatan dengan Hari ulang tahun Kabupaten Lingga.

“Acara serah terima sekaligus peresmian nya akan digelar di bulan November bertepatan dengan Hari ulang tahun Kabupaten Lingga,” pungkas Novrizal

(Abu)

 

Comment