Club Prolanis Sampai Ke Tingkat Kecamatan Dan Desa

InDepthNews.id(Natuna) – Angka hipertensi di Kabupaten Natuna cukup tinggi, sehingga perlu upaya gerakan bersama untuk menekan angka tersebut.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Natuna, Hikmat Aliansyah saat kegiatan Launching Club Program Pengelola Penyakit Kronis (Prolanis) di Astaka, Nyit-nyit Kecamatan Pulau Tiga, Minggu 5 Mei 2022 pagi.

Kegiatan yang diberi nama Club Prolanis Gebet Si Dia di Pulau Tiga (Gerakan Berantas Atasi Hipertensi dan Diabetes di Pulau Tiga) menjadikan Kecamatan Pulau Tiga sebagai kecamatan pertama yang melaunching Club Prolanis di Kabupaten Natuna.

Hikmat menyampaikan, selain hipertensi, Diabetes Melitus (DM) atau kencing manis dan gagal ginjal termasuk ancaman bagi kesehatan yang saat ini banyak dikeluhkan masyarakat.

Selain upaya pengobatan, pencegahan juga harus diikuti dengan pola hidup yang sehat, serta memperbanyak club prolanis sampai ke tingkat kecamatan dan desa.

“Ploranis ini merupakan inovasi dari kawan-kawan tenaga kesehatan, untuk memantau kesehatan masyarakat,” ucap Hikmat.

Sementara itu Bupati Natuna, Wan Siswandi yang datang bersama Ketua Forum Kabupaten Sehat (FKS) Kabupaten Natuna dan beberapa kepala OPD, dalam sambutannya menegaskan kembali, kesehatan merupakan program prioritas kepemimpinannya.(Wn)

Comment