Sukses Gelaran Formula E, Kemenparekraf Sandiaga Uno Sebut Akan Hadirkan Ajang F1 Di Bintan Kepri

InDepthNews.id (Jakarta) – Suksesnya Perhelatan balap mobil listrik internasional Formula E atau Jakarta E-Prix yang digelar pada Sabtu, 4 Juni 2022 menjadi perhatian spesial bagi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf RI) Sandiaga Salahudin Uno.

Bahkan calon wakil presiden yang pernah berpasangan dengan Prabowo Subianto pada Pilpres lalu ini menyebut dalam unggahan di intagramnya akan menghadirkan ajang Formula 1 di Kabupaten Bintan Provinsi Kepulauan Riau.

“Kemarin saya mendengar ada pengunjung yang berteriak “F1, Pak” insha Allah dapat segera kita wujudkan. Kita hadirkan event bergengsi Formula 1 ke Indonesia tepatnya di Bintan, Kepulauan Riau, Mohon doanya,” tulis Sandiaga Uno yang di kutip redaksi media ini dalam akun Instagramnya Sandiaga Salahudin uno Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif @kemenparekraf.ri.

Unggahan yang menyertakan video dirinya bersama para penonton Formula E itu tampak begitu antusias, bahkan Sandiaga dalam video itu meminta para penonton untuk mengeluarkan suaranya.

“Mana suaranya,” Kata Sandiaga yang disambut dengan suara antusias dari para penonton.

Sebagai informasi yang dikutip media ini dari berbagai sumber, Kawasan wisata Lagoi telah ditetapkan sebagai lokasi pembangunan Sirkuit F1 Bintan, di Provinsi Kepulauan Riau (Kepri).

Pemilihan ini setelah Ikatan Motor Indonesia (IMI) bersama Gallant Venture Pte LTD dan Pemprov Kepri melaksanakan Rakor Percepatan Pembangunan Sirkuit F1 Bintan.

Sebagai langkah awal, Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo dan CEO of Gallant Venture Pte Ltd. menandatangan MoU pembangunan sirkuit yang bakal menjadi ajang balapan Formula 1 dan MotoGP itu.

Penandatanganan itu langsung disaksikan Gubernur Kepri Ansar Ahmad di hotel Nirwana Gardens, Lagoi, Bintan, Kamis (17/03/2022).

Mengutip informasi dari unggahan akun Instagram Ketua IMI Bambang Soesatyo yakni @bambang.soesatyo, pihaknya telah memilih Kawasan Lagoi sebagai lokasi pembangunan Bintan International Circuit (BIC).

Pria akrab disapa Bamsoet itu mengatakan, penentuan lokasi tersebut dilakukan setelah Populous selaku tim konsultan arsitek asal Inggris melakukan identifikasi.

Selain penentuan lokasi, Populous yang menangani landscape design sirkuit juga sudah mematangkan Detail Engineering Design (DED) termasuk desain lintasan/track sirkuit.

Direncanakan dalam lintasan sirkuit ada 17 tikungan untuk motor doda dua, serta 18 tikungan untuk Formula 1,” ujar Bamsoet.

Menurut dia, saat ini tim konsorsium sedang mematangkan rencana pengembangan bisnis di kawasan Sirkuit Internasional Bintan.

“Ditargetkan pada Mei 2022 seluruh perencanaan bisnisnya sudah selesai, sehingga Presiden Joko Widodo sekaligus Bapak Otomotif Indonesia sudah bisa melakukan groundbreaking pembangunan Bintan International Circuit,” jelasnya.

Pembangunan Sirkuit F1 Bintan akan memanfaatkan lahan sekitar 237 hektar. Menggunakan dana investasi murni dari konsorsium swasta senilai Rp 1,2 triliun.

“Selain digunakan untuk balapan Formula 1, Bintan International Circuit juga bisa digunakan untuk balapan internasional lainnya,” pungkas Bamsoet.

Sementara itu, Gubernur Kepri Ansar Ahmad mengatakan dibangunnya Bintan International Circuit (BIC) akan semakin menyemarakkan gelaran sport tourism di Bintan.

“Sebelum masa pandemi hampir di setiap bulan sepanjang tahun ada even-even sport tourism internasional yang digelar di Bintan, adanya sirkuit ini tentu semakin mendukung dan mengundang wisatawan datang ke Bintan,” ujar Ansar.

Ansar mengungkapkan dengan bentang alam dan pesisir pantai yang indah akan membuat BIC mempunyai nilai jual yang tinggi dan menjadikan sirkuit ini salah satu yang terbaik di dunia.

“Jika terbangun sirkuit ini bisa melengkapi Bintan untuk menjadi mega resort in the world, kita akan mempunyai infrastruktur entertain kelas dunia,” katanya.

Ditambah dengan dibangunnya sirkuit ini, menurut Gubernur Ansar para investor semakin tertarik untuk menanamkan modalnya dengan membuka resor-resor dan hotel baru di kawasan Bintan. (Red)

Comment