by

Besok Malam, Tor-Tor Simalungun Tampil di Festival Asparnas

InDepthNews.id (Tanjungpinang) – Beragam kegiatan menarik dilaksanakan pada Asparnas Kepri Fest 2021. Salah satunya penampilan kesenian dari suku Batak.

Dipusatkan di Pelataran TCC Mal Tanjungpinang, Rumpun Batak Bersatu (RBB) Kota Tanjungpinang mengirimkan penari tarian dari Puak Simalungun di acara tersebut.

Ada juga lantunan lagu-lagu Batak yang di bawakan dua grup trio yang cukup terkenal di Tanjungpinang.

Ketua RBB Tanjungpinang, dr Anthoni Simatupang mengajak seluruh masyarakat dari berbagai elemen menyaksikan penampilan kesenian yang sudah disiapkan.

Tim yang telah dipersiapkan akan tampil mulai pukul 19.00 WIB, Kamis 16 Desember 2021. Waktu untuk tampil diberikan 1 jam.

“Jangan lupa menyaksikan penampilan tarian Simalungun dan mendengarkan berbagai lagu hitz Batak. Kami berharap melalui kegiatan ini salah satu upaya melestarikan budaya dan memperkenalkannya ke warga secara umum,” tuturnya.

Terkait kesiapan, ia menuturkan sudah dipersiapkan melalui bidang-bidang terkait. Serta berencana penampilan kesenian tersebut akan disiarkan melalui aku YouTube MemoRindu.

“Bagi yang berhalangan hadir bisa menyaksikan melalui Chanel YouTube Memo Rindu,” tuturnya.

Ia menuturkan, tarian yang ditampilkan kali ini berasal dari Puak Simalungun. Serta ke depan berharap bisa menampilkan kesenian dari Puak Batak Toba, Pak-Pak, Karo dan Mandailing.

Untuk diketahui, Festival Asparnas juga menggelar bazar UMKM, bincang-bincang dan pelatihan singkat tentang fotografi, desa wisata, barista, isu pariwisata, dan sebagainya.

Para pengunjung juga dapat menyaksikan penampilan berbagai seni budaya yang ada di Tanjungpinang yang dilaksanakan mulai 12 Desember sampai 18 Desember mendatang.

Di sana juga tersedia ruang pelayanan publik, seperti pembuatan paspor, memperpanjang SIM, dan lainnya.

Anggota DPRD Kota Tanjungpinang, Ria Ukur Rindu Tondang menuturkan, kegiatan seperti ini penting. Upaya menghidupkan kecintaan terhadap berbagai budaya yang ada.

Serta ke depan terus mendukung pemerintah dan stakeholder terkait melaksanakan kegiatan tersebut.

(***)

Comment

News Feed