Batam Raih Juara 1 Germas Kepri, Jefridin Sebut Pemko Batam Berhasil Ciptakan Budaya Sehat

InDepthNews.id (Batam) – Kerja keras Pemerintah Kota (Pemko) Batam dalam meningkatkan Gerakan Masyarakat Hidup sehat (Germas) berbuah manis dengan berhasil menjadi juara 1 Evaluasi dan Refleksi Implementasi Gerakan Masyarakat Hidup sehat (Germas), Tingkat Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau (Kepri).

Berhasilnya Batam meraih Penghargaan Germas Award tingkat Provinsi Kepri Tahun 2023, karena Batam memiliki Kampung Germas terbanyak di provinsi Kepri, yakni 37 Kampung Germas Kelurahan, dan 12 pokja (kelompok kerja) Germas Kecamatan.

Juga memiliki peraturan wali kota (perwako) dan dua surat keputusan (SK) wali kota, tentang Forum Kota Germas dan SK Organisasi Germas.

Menurut Sekretaris Daerah Kota Batam H Jefridin, yang terpenting adalah, penghargaan ini mencerminkan keberhasilan Pemko Batam dalam menciptakan budaya masyarakat hidup sehat.

“Saya atas nama Wali Kota Batam HM Rudi, mengapresiasi dan berterima kasih kepada Dinas Kesehatan sebagai leading sector Germas. Kepada seluruh masyarakat Batam, terima kasih sudah mendukung pemerintah dengan menerapkan pola hidup sehat,” lanjut Ketua Tim Pembina Kota Sehat Kota Batam.

Terkait penilaian ini, Jefridin mengungkap, bahwa Pemprov Kepri telah melakukan evaluasi dan refleksi implementasi Germas pada 8 November 2023 lalu.

Namun sebenarnya Pemko Batam sudah melaksanakan Kampanye Germas secara aktif sejak tahun 2019 sampai saat ini. Hasilnya?

“Saat ini Kampung Germas di kelurahan yang sudah ditetapkan dengan SK wali kota ada 37. Insyaallah pada awal tahun depan Kampung Germas sudah kita canangkan di 64 Kelurahan se Kota Batam,” katanya bangga.

Terkait penghargaan ini, menurut Jefridin adalah prestasi membanggakan, karena dari tujuh kabupaten/kota se Provinsi Kepri, Kota Batam berhasil menjadi juara satu.

Sekadar diketahui, Germas merupakan program nasional oleh Presiden Republik Indonesia yang menginstruksikan kepada Kepala Daerah sesuai dengan instruksi Presiden RI, Nomor 1, Tahun 2017, sebagai penguatan upaya promosi kesehatan dan pencegahan penyakit di masyarakat.

Germas memiliki tujuh pilar, yakni: melakukan aktifitas fisik, budayakan makan buah dan sayur tiap hari, tidak merokok, tidak mengonsumsi minuman beralkohol, melakukan pemeriksaan kesehatan secara berkala, menjaga kebersihan lingkungan dan menggunakan jamban sehat. (KB/Red)

Comment