Adanya Dukungan Dari Pusat, Kadispar Kepri Optimis Di tahun 2022 Sebanyak 2 juta kunjungan wisman Se Kepri

InDepthNews.id (Jakarta) – Upaya Dinas Pariwisata Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) untuk mendatangkan wisatawan dari India mendapat respons positif dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

“Tentu kami sangat mendukung keinginan Dinas Pariwisata Provinsi Kepri untuk mengundang turis dari India, sekaligus memperkenalkan objek-objek wisata di sana,” ujar Juru Bicara Menparekraf Kawendra Lukistian di Jakarta, Rabu (23/03/2022).

Menurutnya, kondisi saat ini memungkinkan untuk menghadirkan turis dari sejumlah negara dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan, mulai dari pemeriksaan, vaksinasi, dan lainnya.

Diharapkan dengan semakin banyaknya turis datang ke Kepri akan lebih mendongkrak perekonomian lokal yang tentunya berdampak secara nasional. “Namun, Pemerintah Kepri diharapkan tetap menerapkan kebijakan yang ketat dan berkesinambungan selama turis mancanegara berada di sana,” pungkasnya.

Kepala Dinas Pariwisata Kepri Buralimar mengatakan alasan utama membidik wisman asal India adalah melihat jumlah kunjungan turisnya yang berada di posisi ketiga terbanyak datang ke Kepri.

Buralimar berharap jumlah kunjungan wisatawan mancanegara termasuk asal India ke Kepri akan semakin meningkat, menyusul sudah tidak diberlakukannya lagi kebijakan karantina untuk yang telah divaksinasi dosis lengkap.

“Kita juga berharap kedepannya nanti PCR juga ditiadakan,”ujar Buralimar.

Terbaru, pengaturan agar seluruh pelabuhan internasional dioperasikan kembali juga tengah dipersiapkan.

“Buralimar mengatakan, Hari ini pak gubernur memerintahkan Dishub dibantu oleh KSOP untuk mengkoordinir kesiapan semua pelabuhan. Pada prinsipnya semua sudah siap,” pungkasnya.

Menurut data BPS tahun 2020, ada 17.831 turis India yang datang ke Kepri dan ini terbanyak ketiga setelah Singapura dengan 185.172 turis dan Malaysia 47.082 turis.

Kemudian ditengah pembatasan perjalanan luar negeri pada tahun 2021, jumlah wisman asal India yang pelesir ke Kepri juga masih di posisi terbanyak ketiga yakni 33 orang. Di atasnya masih sama, Singapura dengan 423 orang dan Malaysia sebanyak 238 orang.

Tidak hanya India, Buralimar juga berencana mempromosikan wisata Kepri ke Korea. Apalagi, sudah ada rencana carter penerbangan turis Korea ke Kepri dalam waktu dekat ini.

Ditargetkan, tahun ini ada 2 juta kunjungan wisman ke Kepri. “Semoga target tersebut bisa tercapai,” tutupnya.

(ZAHARI)

Comment