by

10 Napi Lapas Kelas IIA Tanjungpinang Dapat Remisi Waisak Tahun 2022

InDepthNews.id (Bintan)– Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Tanjungpinang gelar acara pemberian Remisi Khusus Waisak Tahun 2022 bagi warga binaan Lapas Kelas IIA Tanjungpinang dan Lapas Narkotika Kelas IIA Tanjungpinang, Senin (16/05/22) di Aula Lapas Narkotika Kelas IIA Tanjungpinang.

Hadir pada kesempatan tersebut, Kalapas Narkotika Kelas IIA Tanjungpinang, dan dihadiri langsung oleh Kepala Divisi Pemasyarakatan Kantor Wilayah Kemenkumham Kepulauan Riau, Dwi Nastiti H, beserta jajaran.

Rangkaian pelaksanaan acara pemberian Remisi Khusus Hari Raya Waisak Tahun 2022 ini dimulai dengan pembukaan MC. Setelah itu acara dilanjutkan pembacaan Surat Keputusan Remisi Khusus oleh Kasubsi Registrasi dilanjutkan penyerahan remisi secara simbolis oleh Kepala Divisi Pemasyarakatan kepada perwakilan warga binaan dan sambutan oleh Kepala Divisi Pemasyarakatan, Dwi Nastiti.

Dwi Nastiti berharap agar umat Buddha yang ada di Lapas Kelas IIA Tanjungpinang maupun Lapas Narkotika Kelas IIA Tanjungpinang dapat memahami makna hidup yang sesungguhnya sebagaimana yang telah diajarkan oleh Sidharta Budha Gautama dan menjadikan pemberian Remisi Khusus hari Raya Waisak Tahun 2022 sebagai refleksi diri.

“Mendapatkan remisi setelah memenuhi syarat, substantif dgn berkelakuan baik. Remisi ini merupakan penghargaan negara yg patut diberikan kepada narapidana karna telah mengikuti program pembinaan dgn baik. Taat sebagai hamba melalui tri suci waisak, saling mengingatkan untuk saling mengasihi, saling membantu kepada semua makhluk, semua orang dengan harapan setiap manusia selalu merenungi perbuatannya, senantiasa hidup dengan cinta kasih tanpa kebencian, ” ujar Dwi Nastiti.

“Mari kembangkan hal baik dari diri kita, sehingga sukses saat keluar penjara nantinya, ” lanjutnya.

Sementara itu, Kepala Lapas Kelas IIA Tanjungpinang Wahyu Hidayat juga mengharapkan perbaikan diri dan sikap dari warga binaan di momen pemberian remisi khusus Waisak tahun 2022 ini.

“Saya harap, pemberian Remisi Khusus hari raya waisak ini dapat memotivasi saudara- saudara untuk mencapai penyadaran diri yang tercermin dari sikap dan perilaku sehari hari serta selalu meningkatkan optimisme dalam menjalani pidana yang sedang saudara jalani di Lapas Kelas IIA Tanjungpinang, ” harap Wahyu Hidayat.

Dari total 466 Warga Binaan Pemasyarakatan yang berada di Lapas Kelas IIA Tanjungpinang per tanggal 16 Mei 2022, 12 Warga Binaan Pemasyarakatan Lapas Kelas IIA Tanjungpinang beragama Buddha dan sebanyak 10 orang diantaranya memenuhi syarat untuk mendapatkan remisi khusus Hari Raya Waisak Tahun 2022.

” Dengan rincian 6 orang mendapat remisi 1 bulan, 2 orang mendapat remisi 1 bulan 15 hari dan 2 orang mendapat remisi sebanyak 2 bulan, ” tambah Wahyu Hidayat.

Disamping itu, diakhir kegiatan tersebut tak lupa Keluarga Besar Lapas Kelas IIA Tanjungpinang juga mengucapkan selamat merayakan Hari Suci Waisak Tahun 2566 Buddhis Era / 2022 M bagi umat Buddha yang berada di Lapas Kelas IIA Tanjungpinang.

(Rat)

Comment

News Feed