Wali Kota Rahma Lepas Lomba Gerak Jalan Proklamasi 8 Kilometer

InDepthNews.id {Tanjungpinang} – Wali Kota Tanjungpinang, Hj. Rahma, S.IP.,M.M, secara resmi melepas peserta Lomba Gerak Jalan Proklamasi 8 Kilometer pada Sabtu (12/08/2023) pagi di Terminal Sei Carang, Tanjungpinang Timur.

Acara pelepasan peserta lomba Gerak Jalan Proklamasi 8 Kilometer dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Kemerdekaan RI tahun 2023.

Pelepasan turut dihadiri Wakil Wali Kota Tanjungpinang, H.Endang Abdullah, S.Kp.,M.Si, unsur Forkopimda Kota Tanjungpinang, dan Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemko Tanjungpinang.

Gerak Jalan Proklamasi 8 Kilometer khusus perempuan diikuti 170 peserta dan start dimulai di Terminal Sei Carang dan finish di Lapangan Pamedan Ahmad Yani.

Wali Kota Rahma menyampaikan, Gerak Jalan Proklamasi memiliki filosofi memperkuat kebersamaan, kekompakan dan perjuangan.

“Nilai filosofi itu yang harus kita syukuri, mudah-mudahan semua peserta dengan kebersamaan, kekompakan dan perjuangan bisa sampai finish,” ujarnya.

Rahma mengungkapkan, antusias masyarakat menyambut Hari Kemerdekaan Indonesia ke-78 sangat luar biasa. “Pemerintah harus menyiapkan wadahnya dan momen ini hanya dilaksanakan setahun sekali,” ujarnya.

Ia menyampaikan, kegiatan ini juga untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah berjuang, sehingga Indonesia menjadi negara yang merdeka.

Dalam kegiatan ini juga diharapkan dapat menumbuhkan jiwa nasionalisme dan patriotisme bagi peserta dan juga masyarakat Tanjungpinang.

“Mudah-mudahan yang ikut menjadi bagian ini semakin cinta negara Indonesia dan semakin sehat karena gerak jalan ini juga punya nilai sehat,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Tanjunpinang Efendi menyampaikan, peserta Gerak Jalan Proklamasi 8 Kilometer yang mendaftar ke Dispora lebih kurang 200-an peserta, namun ada 30-an peserta mengundurkan diri.

“Jadi kita lepas hari ini lebih kurang ada 170-an peserta,” kata Efendi.

Efendi menyampaikan, gerak jalan 8 Kilometer dibagi menjadi empat kategori diantaranya kategori TNI/Polri, kategori OPD, kategori Instansi dan kategori pelajar.

“Kita telah menyiapkan hadiah uang tunai total Rp114 Juta. Setiap kategori ada juara 1 sampai 4 dan ada juga juara favorit,” ucapnya. (Adv Dinas Kominfo)

Comment