Tutup Kegiatan Semarak Museum Dihatiku, Endang: Salah Satu Bentuk Pelestarian Budaya Melayu

InDepthNews.id {Tanjungpinang} – Wakil wali kota Tanjungpinang, Endang Abdullah, S.Kp.M.Si, menutup acara semarak museum dihatiku yang telah dilaksanakan selama tiga hari dan diisi dengan perlombaan tingkat pelajar di museum Sultan Sulaiman Badrul Alamsyah kota Tanjungpinang, Jum’at 08/09/2023.

Kegiatan rutin tahunan ini dengan tema semarak museum dihatiku digelar berbagai lomba yang mengangkat sejarah baik pantun busana dan lain sebagainya.

Wakil wali kota Tanjungpinang Endang Abdullah menyampaikan dalam penutupan kegiatan museum dihatiku menyampaikan banyak terimakasih kepada perwakilan orang tua dan sekolah yang mengikuti berbagai perlombaan mulai tingkat TK,SD,SMP dan SMA.

“Selamat datang orang tua yang mengikuti kegiatan perlombaan serta perwakilan sekolah yang mengikuti lomba semarak museum dihatiku ini. Salah satu wujud kita lestarikan budaya kita dengan kegiatan ini dalam perlombaan berpantun baju Melayu, tari Melayu, mungkin ke dapan ada inovasi baru dalam kegiatan di Musium Sultan Sulaiman Badrul Alamsyah” ujarnya.

Endang juga berharap kedepan ada seperti sebuah cerita pendek berupa Hikayat tentang Sultan Sulaiman Badrul Alamsyah dahulu dan di kemas menjadi pertunjukan teater dari adik-adik pelajar kita.

“Kedepan bisa di buat cerita tentang sejarah musium yang bisa di tampilkan mulai tingkat SD dan SMP dimana mengenai hikayat sebuah cerita kembali tahun dahulu seperti bentuk teater kecil dari adek-adek kita pelajaran SD dan SMP” tukasnya.

Wawako Endang juga menyampaikan bahwasanya Tanjungpinang telah menerima anugerah desa wisata, dan mudah- mudahan ada agenda nasional yang kita laksanakan nanti  Tanjungpinang festival menjadi salah satu Iven nasional.

“Saya apresiasi kepada dinas pariwisata yang telah luar biasa mengembangkan diri untuk memajukan Tanjungpinang dalam mewujudkan Iven nasional” tutupnya.

Kepala Diinas Kebudayaan dan Pariwisata kota Tanjungpinang Muhammad Nazri menambahkan dalam sambutanya bahwa rangkaian kegiatan perlombaan tingkat pelajar kurang lebih 340 pelajar yg mengikuti perlombaan selama tiga hari dari tanggal 4 sampai dengan 6 September 2023.

“Peserta yang mendaftar 340 orang lomba tari persembahan SD, SMP, dan SMA dan Lompa balas pantun SMP dan SMA serta lomba busana Melayu tingkat Paud, TK, dan SD. Tujuan acara perlombaan ini salah satunya adalah untuk meningkatkan kunjungan di museum serta mengedukasi untuk adik-adik kita pelajar serta menjaga nilai-nilai budaya kita, mencintai peninggalan leluhur kita yang terdahulu” tutupnya.

Kegiatan ditutup dengan penampilan model dari paud dan TK serta pembagian hadiah untuk pemenang setiap perlombaan serta foto bersama dengan peserta lomba. (Adv Dinas Kominfo)

Comment