by

Tokoh Agama dan Pemuda Pulau Merbau Dirikan Yayasan Pesantren Santri Tani NU Meranti.

InDepthNews.id (Meranti) –Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat Kecamatan Pulau Merbau Resmi sepakat mendirikan Pondok Pesantren (Ponpes) Santri Tani Nahdlatul Ulama (Santan NU) Kepulauan Meranti yang dituangkan dalam Berita Acara Pembentukan Yayasan yang disepakati oleh perwakilan Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat masing-masing Desa Se-Kecamatan Pulau Merbau.

 

Kesepakatan pendirian Ponpes Santan NU Kepulauan Meranti ini dikemas melalui rapat pembentukan yang dilaksanakan di Jalan Belokop Desa Semukut Kecamatan Pulau Merbau, Kamis (25/11/2021).

 

Dari pantauan Media, turut hadir dalam rapat Ketua PCNU Kepulauan Meranti Ramlan Abdullah, Ketua MWC NU Pulau Merbau Sarahab, Kades Terpilih Desa Centai M Allatif S Sos, Kades Terpilih Desa Semukut Firmansyah ST, Ustadz Jizardi Hmz dan perwakilan Tokoh agama dan tokoh masyarakat Se- Kecamatan Pulau Merbau.

 

Ketua PCNU Kepulauan Meranti Ramlan Abdullah menyampaikan pendirian Yayasan dan Ponpes Santan NU Kepulauan Meranti menyampaikan pendirian Pondok Pesanten ini bertujuan membentuk Santri Qurani dan Santri yang enterpreneur kedepan.

“Alhamdulillah, rapat telah selesai dilaksanakan. Kita harapkan pondok pesantren menjadi tulang punggung pendidikan keagamaan Pulau Merbau yang nantinya mampu mencetak generasi Qurani dan berakhlatul karimah, setelah mereka mendapat bekal ilmu agama ,mereka belajar dibidang ,pertanian ,perkebunan, pertenakan dan perikanan sesuai dengan kondisi monograpi Pulau Merbau ungkap pria kelahiran Desa Centai Pulau Merbau itu,” ujarnya.

Ramlan juga menyampaikan Ponpes Santan NU Kepulauan Meranti ini akan dikemas dengan ilmu formal dan non formal.

“Kita juga merencanakan Pondok Pesantren ini tidak hanya mengajarkan ilmu agama saja, para santri akan dibekali dengan ilmu pertanian, perkebunan, perikanan dan peternakan sehingga santri bukan hanya mahir terhadap urusan akhirat namun juga bisa mengaplikasikan ilmu duniawi Yayasan BINAUN NAHDHATUL UMMAH yang kita dirikan ini sesuai dengan Misi Bupati Meranti Menciptakan Meranti cerdas dan bermartabat ,sejalan dengan rencana pembangunan Pondok Santri Tani Nahdhatul ulama Kabupaten Meranti ,sesuai dengan arahan KETUM SANTANU kyai T.Rusli Ahmat.SE, kita harapkan pondok Santri tani nahdhatul ulama pertama didirikan,insya Allah akan jadi pilot projek diindonesia khususnya diprovonsi Riau,” Tambah Ramlan Abdullah.

Dikesempatan yang sama, Ustadz Jizardi Hmz selaku pimpinan rapat juga menyampaikan bahwa Pondok Pesantren ini akan jadi milik bersama.

“Terimakasih kepada Bapak-bapak yang sudah bersedia hadir, kita menekankan Pondok Pesantren yang kita dirikan bukan milik pribadi melainkan milik seluruh Desa dan seluruh masyarakat Pulau Merbau serta kabupaten Meranti sehingga kita semua sama-sama untuk membangun dan mengembangkan Pondok Pesantren dengan rasa saling memiliki,” tegas Pria asal Batang Meranti.

Ustad Jizardi Hmz juga Wakil Syuriah PCNU Meranti mengajak seluruh lapisan masyarakat Pulau Merbau agar mendoakan kelancaran pendirian dan pembangunan Pondok Pesantren Santan NU Kepulauan Meranti.

“Alhamdulillah satu tahapan pendirian sudah selesai kita laksanakan, saya mengajak kita semua khususnya dan masyarakat Pulau Merbau pada umumnya agar senantiasa mendoakan kelancaran pendirian dan pembangunan Pondok Pesanten Santri Tani Nahdlatul Ulama Kepulauan Meranti sehingga kedepan mampu mencetak generasi pencinta Al Qur’an dan Ahlussunah waljamaah,” Ungkapnya.

Ditempat terpisah dihubunggi melalui Hand phone ( hp ) Ketua Umum SANTANU T.Rusli Ahmat.SE yang juga ketua Tandfiziah PWNU Riau, menyampaikan apersiasi kepada pengurus Santanu Kabupaten Kepuluan Meranti yang bergerak cepat membangun Pondok yang berbasis ekonomi , Santanu konsen melahirkan santri yang interprener, tentunya para satri memiliki mental dan spiritual yang mampu mengerakan ekonomi dibidang Pertenakan, Perikanan Pertanian dan Perkebunan ,kami dari DPP Santanu akan mendukung sepenuhnya program yang dibuat oleh para tokoh agama ,tokoh masyarakat pengiat ekonomi dibidang.Pertanian, Perkebunan, Perikanan dan Peternakan, tentu. program ini akan jadi pilot projek SANTANU Riau diKabupaten Kepulaun Meranti.

Berharap para santri selain belajar tentang agama juga dibekali ilmu Ekonomi kedepan Santri sebagai pelopor Ekonomi diderahnya masing- masing, sebagai Ketum Santri Tani Nahdhatul Ulama akan hadir saat peletakan batu pertama mendukung proses pembangunan SANTANU dipulau merbau termasuk daerah pulau terluar dan tertingal ” papar RA.

Saya berterima kasih diminta sebagai pembina Yayasan SANTANU BINAUN NAHDHATUL UMMAH Kabupten Kepulaun Meranti, DPP SANTANU siap membantu terwujudnya pembentukan Santanu di dua belas kabupaten kota diriau.”pungkas T.Rusli Ahmat.SE.

(BATUBARA).

Comment

News Feed