Tingkatkan Pemahaman Hukum Prajurit, Kodim 0318/Natuna Laksanakan Penyuluhan Hukum

InDepthNews.Id (Natuna) – Kodim 0318/Natuna laksanakan Penyuluhan Hukum Kodim 0318/Natuna dan YonKomposit l/GP. Penyuluhan hukum dengan tema “Melalui Penyuluhan Hukum Kita Tingkatkan Kesadaran Hukum Prajurit Guna Meminimalisir Tingkat Pelanggaran Di Satuan TNI AD” itu dilaksanakan di Ruang Aula Makodim 0318/Natuna Jalan Bukit Arai Batu Sisir Kecamatan Bunguran Timur Kabupaten Natuna, Kamis (15/06/2023).

Kakumdam l/BB Kolonel CHK M. Irham DJ, S.H., M.H dalam sambutannya mengatakan bahwa sebagai anggota TNI, PNS dan anggota Persit dituntut mampu menjadi teladan bagi masyarakat.

“Prajurit juga harus menghindari terjadinya pelanggaran-pelanggaran di lingkup militer, apalagi tindak kejahatan yang berkaitan dan bersinggungan dengan hukum,” kata Kolonel Irham

Dijelaskan Irham, Penyuluhan hukum bagi prajurit TNI AD tersebut merupakan kegiatan pembinaan prajurit TNI AD yang diselenggarakan dengan tujuan mewujudkan kesadaran hukum prajurit TNI AD yang lebih baik, sehingga prajurit TNI AD berdisiplin, mengetahui, memahami, menghayati sekaligus mematuhi hukum yang berlaku.

Kolonel Irham juga menambahkan bahwa selaku prajurit harus mengerti dan memahami aturan-aturan atau norma-norma yang mengatur bagi dirinya maupun keluarganya, serta hindari penyalahgunaan dalam bermedsos.

“Karena tidak sedikit pelanggaran dilakukan prajurit diawali dari permasalahan keluarga, dari media sosial semacam nya baik Tik Tok, Facebook, IG dan media sosial lainnya oleh karena itu peran istri dalam keluarga juga sangatlah penting bagi seorang prajurit dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab sehari hari,” jelasnya.

Ditempat yang sama, Dandim 0318/Natuna Letkol Inf Morison Chandra Karundeng S.Sos dalam kesempatan itu, berharap Penyuluhan Hukum yang di sampaikan langsung oleh Kakumdam l/BB prajurit TNI AD beserta seluruh Persit dapat menghindari serta meningkatkan kesadaran hukum prajurit guna meminimalisir tingkat pelanggaran terutama yang berkaitan dengan hukum di satuan TNI AD.

“Semoga dengan kegiatan ini bermanfaat bagi seluruh prajurit dan meminimalisir tingkat pelanggaran terutama yang berkaitan dengan hukum di satuan TNI AD khususnya di Kodim 0318/Natuna,” harap Letkol Inf Morison.

Dalam Penyuluhan Hukum yang di laksanakan di Aula Makodim 0318/Natuna di hadiri langsung oleh Kakumdam l/BB Kolonel CHK M. Irham DJ, S.H., M.H., Dandim 0318/Natuna Letkol Inf Morison Chandra Karundeng S.Sos , Danyon Komposit l/GP Letkol Inf Saiful Rizal , Dansub Denpom 1/6-3 Natuna Kapten CPM Masdarman, 111 personil dari Kodim 0318/Natuna dan YonKomposit l/GP beserta 62 Persit dari Kodim 0318/Natuna dan YonKomposit l/GP. (wanto)

Comment