Tingkatkan dan Mantapkan Kualitas Ormas, Kesbangpol Provinsi Jambi Adakan Rakor dan Raker Forum Komunikasi Ormas

Jambi37 views

InDepthNews.id (Jambi) – Badan Kesbangpol Provinsi Jambi, mengadakan Rapat Koordinasi (Rakor) dan Rapat Kerja (Raker) Forum  Komunikasi Ormas Provinsi Jambi ke II, pada Rabu (26/6/2024) bertempat di Ruang Aula Badan Kesbangpol Provinsi Jambi.

Kegiatan tersebut dinilai penting karena memiliki Peran Organisasi Masyarakat (Ormas) yang strategis sebagai mitra pemerintah dalam menggerakkan masyarakat untuk ikut berpartisipasi dalam pembangunan.

Drs. H. Apani Saharudin Kepala Badan Kesbang dan Politik Provinsi Jambi mengatakan, Forum Komunikasi Organisasi Masyarakat Provinsi Jambi diharapkan akan mampu memperkuat Organisasi Kemasyarakatan dalam melakukan aktivitasnya, menjalankan peran dan fungsi maupun dalam pencapaian tujuan-tujuan dari masing-masing yang berhimpun dalam wadah Forum atau Aliansi.

“Mudah-mudahan kegiatan ini akan mampu meningkatkan dan memantapkan kualitas serta keberadaan Forkom Ormas secara prima, sebagai salah satu elemen kekuatan pembangunan di Provinsi jambi. Juga dapat mewujudkan tekad akan kesatuan kita Forum Komunikasi ormas  kedepan untuk bersatu padu dalam mamajukan provinsi Jambi yang tercinta,” kata Apani.

Peserta Kegiatan Forum Komunikasi Ormas Jambi / Foto: Bambang

Dilanjutkan Aspani, Forkom Ormas Jambi juga dapat tumbuh dan berkembang menjadi organisasi yang profesional, serta dapat terus membangun nilai-nilai kebersamaan serta dapat terus membangun nilai-nilai kebersamaan.

“Keberadaan forum komunikasi organisasi masyarakat ini diharapkan mampu memperkuat civil society baik ditingkat nasional maupun daerah,” harapnya.

Selain itu, Aspani turut menitik beratkan pada 3 (tiga) point’ penting yang terkait keberadaan Forum Komunikasi Ormas, yakni pertama, Forkom provinsi Jambi dapat menjalankan program kerja yang diamanatkan dalam Musyawarah besar. Dengan program yang segar dan inovatif terkait upaya pemerintah dalam percepatan pemulihan ekonomi .

“Kedua , harapan saya agar Forkom Provinsi Jambi proaktif turut menjaga persatuan dan kesatuan yang merupakan modal dasar daerah kita yang majemuk untuk bersama bangkit dan Apalagi kita akan menghadapi pesta demokrasi yaitu Pilkada serentak tahun 2024,” ungkapnya.

Terakhir, dirinya pun menghimbau agar Ormas Provinsi Jambi untuk tertib Administrasi, baik kepada ormas yang baru berdiri maupun yang habis masa berlaku Surat keterangan Terdaftar (SKT) agar dapat memperbarui maupun perpanjangan SKT sesuai amanat Permendagri 57 tahun 2017 tentang Pendaftaran Ormas dan Sistem Informasi Ormas. Baik yang berbadan hukum maupun tidak berbadan Hukum.

“Mari kita semua untuk tertib administrasi sebagaimana aturan mengenai Ormas yang diamanatkan oleh Permendagri 57 tahun 2017 tentang Pendaftaran Ormas dan Sistem Informasi Ormas. Baik yang berbadan hukum maupun tidak berbadan Hukum,” pungkasnya. (Red)

Comment