Tingginya Angka Kematian Akibat Covid-19, Bupati Imbau Mesjid Dan Surau Laksanakan Sholat Ghaib

pelaksanaan sholat Ghoib di salah satu mesjid di kabupaten lingga

InDepthNews.id – Bupati Kabupaten Lingga, Muhammad Nizar menghimbau agar mesjid-mesjid di Kabupaten Lingga melaksanakan sholat ghoib. Imbauan itu dikeluarkan Bupati sebagai bentuk rasa prihatin dan duka atas meningkatnya jumlah warga lingga yang meninggal dunia akibat Covid-19

Himbauan itupun dilaksanakan oleh sejumlah masjid di Kabupaten Lingga, usai melaksanakan sholat Jum’at pada Jum’at (23/07).

Mewakili Bupati Lingga, Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kabag Kesra), H. Jaya Atmajaria mengatakan selain untuk keselamatan daerah, menyerukan do’a agar Kabupaten Lingga dijauhi dari wabah penyakit yang tengah mengancam saat ini. Pelaksanaan sholat ghoib juga mendoakan para almarhum dan almarhumah yang telah dulu wafat, dalam beberapa hari ini akibat wabah covid-19.

Menurutnya pelaksanaan sholat sunah ini turut menyempurnakan rukun jenazah, yang mungkin disholatkan dengan keterbatasan protokol kesehatan akibat penyakit virus covid-nya.

“Intinya pelaksanaan sholat ghaib ini adalah untuk mendoakan mereka yang telah dulu meninggal. Dan memohon agar daerah kita jauh dari wabah penyakit,” kata dia saat dihubungi, Jumat (23/7).

Adapun untuk pelaksanaan sholat ghaib sendiri sudah berlangsung dibeberapa masjid di Kabupaten Lingga.

Dia juga turut mengimbau, agar masjid atau surau yang belum bisa melakukannya hari ini, untuk kemudian dapat melaksanakan sholat ghaib pada hari berikutnya.

“Kita harap masyarakat ikhlas melakukan sholat ghaib ini. Memohon doa kepada Allah SWT, agar kampung kita terlepas dari wabah penyakit,” harap dia.

Dalam beberapa hari ini, duka yang mendalam memang telah menyayat hati masyarakat Kabupaten Lingga. Ada beberapa orang yang telah meninggal, ada dari kalangan pejabat pemerintah hingga masyarakat biasa. yang sebagian besarnya dikarenakan kasus covid-19 dan meninggal dengan biasa.

“Melihat kondisi ini kita sangat beduka, mudah-mudahan sholat ghoib yang dilakukan ini diijabah Allah SWT. Mereka yang telah pergi dapat tempat terbaik disisi-Nya,” tutup Atmajaria.

(Abu)

Comment