Teguh Susanto Usulkan Penguatan Tranformasi Digital Dalam RPJMD Tanjungpinang 2025-2029

InDepthNews.id {Tanjungpinang} – Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Tanjungpinang, Teguh Susanto,ST mengusulkan agar transformasi digital menjadi bagian penting dari Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Tanjungpinang 2025-2029.

“Langkah ini untuk mendukung visi Indonesia Emas 2045 yang dicanangkan Presiden Joko Widodo,” saran Teguh dalam penyampaian Laporan Akhir Dokumen Teknokratik RPJMD 2025-2029, di ruang rapat utama kantor Bappelitbang, Senin (22/07/2024).

Ia mengatakan, pembangunan infrastruktur Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) perlu dicantumkan secara jelas dan spesifik dalam RPJMD tersebut.

“Kita harus mulai mencantumkan secara tegas mengenai pembangunan infrastruktur TIK. Ini merupakan langkah strategis untuk penguatan transformasi digital di kota Tanjungpinang,” ujar Teguh.

Dengan begitu, selama lima tahun ke depan, pemanfaatan teknologi digital secara optimal akan otomatis mendukung berbagai sektor lainnya seperti pendidikan, ekonomi, dan kesehatan.

“Perekonomian, khususnya UMKM, juga akan memerlukan dukungan ekonomi digital yang lebih maju dibandingkan sistem konvensional,” tambahnya.

Perluasan akses jaringan internet dan pengembangan layanan digital juga akan mempersiapkan kota Tanjungpinang menghadapi tantangan di era digital.

“Saya mohon pertimbangannya agar RPJMD secara tegas mencantumkan penyiapan menuju Indonesia Emas, salah satunya adalah penguatan transformasi digital,” harap Teguh.

Kegiatan tersebut turut dihadiri Sekretaris Daerah Kota Tanjungpinang, Zulhidayat, para kepala OPD, tenaga ahli dari UGM, serta kasubag program di lingkungan Pemko Tanjungpinang yang mengikuti melalui zoom meeting. (Adv/Dinas Kominfo)

Comment