Silaturahmi dengan Masyarakat Pulau Buluh, Gubernur Ansar Serahkan Berbagai Bantuan

InDepthNews.id {Batam} – Ratusan masyarakat Kelurahan Pulau Buluh Kecamatan Bulang, tak dapat menyembunyikan kebahagiaan dan antusiasme mereka saat menyambut kehadiran Gubernur Kepulauan Riau, H. Ansar Ahmad.

Gubernur Ansar hadir di tengah-tengah masyarakat dalam rangka silaturahmi, pemaparan program strategis, dan penyerahan beragam bantuan Pemprov Kepri. Acara dilaksanakan di Balai Adat Pulau Buluh, Batam, Sabtu (15/06/2024) pagi.

Adapun bantuan yang diserahkan Gubernur Ansar pada kesempatan itu di antaranya bantuan Usaha Ekonomi Produktif (UEP) berupa bantuan modal usaha sebesar Rp5 juta per orang kepada 10 orang
penerima dan gerobak jualan kepada 15 orang penerima.

Kemudian Bubu Ketam sebanyak 200 Buah, BPJS Ketenagakerjaan Untuk Nelayan kepada 2.082 Penerima Manfaat dengan Total Anggaran Sebesar Rp419 juta, dah Jaring Keramba Sebanyak 50 Unit.

Ada juga bantuan 2 set mesin apung pemadam kebakaran dan 2 set baju pemadam kebakaran senilai Rp278 juta. Gubernur Ansar juga menyerahkan penghargaan kepada Pokwasmas Teladan Kepri 2024 kepada Pokwasmas Buluh Mandiri dan Pokwasmas Pandang Tak Jemu.

Dalam sambutannya, Gubernur Ansar mengaku sangat bahagia dan bersyukur karena masih dapat bertatap muka dan menyapa masyarakat Pulau Buluh yang hadir dalam acara silaturahmi kali ini, karena silaturahmi dengan masyarakat itu merupakan sebuah kewajiban bagi seorang pemimpin.

“Dengan silaturahmi kita dapat saling mengenal, dan dengan saling mengenal kita dapat saling bahu-membahu dalam membangun Kepri kita tercinta ini, karena semua masyarakat di Kepri itu sama, tidak ada masyarakat kelas satu atau pun kelas dua” ujarnya.

Tak lupa juga Gubernur Ansar turut menyampaikan berbagai program strategis pemerintah Provinsi Kepri di berbagai bidang yang sudah berjalan selama 3 tahun ini. Hal ini wajib disebarluaskan agar dapat diketahui, dimanfaatkan dan dirasakan oleh masyarakat.

Mulai dari bidang pendidikan mulai tahun ajaran baru nanti akan memberikan bantuan Seragam dan SPP gratis bagi siswa-siswi SMA Negeri, SMK Negeri dan SLB se-Kepri. Sedangkan untuk Sekolah Swasta akan diberikan bantuan insentif untuk para gurunya dan untuk Sekolah Madrasah akan menyusul kemudian, juga ada bantuan transportasi dan bantuan beasiswa D3 dan S1 untuk anak-anak Kepri yang sedang berkuliah.

Ada juga bantuan BPJS Ketenagakerjaan kepada 46 ribu lebih rumah tangga nelayan di seluruh Kepri yang sudah berjalan dan juga bantuan Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda) senilai Rp7 Miliar untuk pengobatan masyarakat yang tidak dicover oleh BPJS Kesehatan, ini untuk membantu melindungi masyarakat Kepri.

Dibangun juga Rumah Singgah oleh Pemerintah Provinsi di Kota Batam dan Jakarta, yang dapat digunakan secara gratis oleh masyarakat Kepri yang tengah berobat. Juga pembangunan Rumah Sakit Jiwa dan Ketergantungan Obat di Tanjung Uban dan Fasilitas Pemasangan Ring Jantung dan Bedah Jantung di Rumah Sakit Provinsi di Tanjungpinang.

“Karena semua ini memang kita kerjakan untuk kita persembahkan bagi masyarakat Kepri, jadi Bapak Ibu semua mesti mengetahuinya, agar bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya” tutupnya.

Turut hadir bersama Gubernur pada kegiatan silaturahmi tersebut, Tim Percepatan Pembangunan Provinsi Kepri, Pejabat Fungsional Utama Ir. Lamidi, Kepala BPBD Kepri, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan, Kepala Dinas ESDM, Kepala Biro Kesra, dan Kepala Biro Adpim. (Zah)

Comment