Selaraskan Program dan Kegiatan, Bappeda Kepri Laksanakan Forum OPD/Lintas OPD Provinsi

InDepthNews.id (Tanjungpinang) – Badan Perencanaan, Penelitian, dan Pengembangan Provinsi Kepri melaksanakan Forum Perangkat Daerah (Forum OPD) 13-14 Maret 2023 di Hotel CK Tanjungpinang.

Kegiatan yang dihadiri oleh Tim Percepatan Pembangunan Provinsi Kepri, Hendri Sanopaka, Sarafudin Aluan, OPD se-Provinsi Kepri, Bappeda Kabupaten/ Kota se- Provinsi Kepri tersebut dibuka oleh Sekretaris Daerah yang diwakili Staf Ahli Pemerintahan dan Hukum Muhammad Dali.

Kepala Bappeda Kepri Misni, S. Km., M. Si menyampaikan tujuan dari pelaksanaan Forum Perangkat Daerah/Lintas Perangkat Daerah Provinsi Kepulauan Riau adalah untuk Menyelaraskan program dan kegiatan Perangkat Daerah Provinsi dengan usulan program dan kegiatan hasil Musrenbang kabupaten/kota untuk Renja Perangkat Daerah Provinsi.

“Juga untuk mempertajam indikator serta target kinerja program dan kegiatan Perangkat Daerah sesuai dengan tugas dan fungsi Perangkat Daerah,” ujar Misni, Senin (13/03/2023).

Selain itu sambungnya, menyelaraskan program dan kegiatan antar Perangkat Daerah Provinsi dalam rangka optimalisasi pencapaian sasaran sesuai dengan kewenangan dan sinergitas pelaksanaan prioritas pembangunan daerah.

Menyesuaikan pendanaan program dan kegiatan prioritas berdasarkan pagu indikatif untuk masing-masing Perangkat Daerah Provinsi.

Misni juga menyampaikan bahwa dalam Forum Perangkat Daerah/Lintas Perangkat Daerah tahun ini akan dilakukan pembahasan tematik kemiskinan sebagai salah satu upaya menurunkan angka kemiskinan ekstrem di Provinsi Kepulauan Riau.

“Hal ini sejalan dengan Arahan Presiden RI Joko Widodo untuk Kepala Daerah Tahun 2023 yaitu Turunkan Kemiskinan Ekstrem sampai target 0% pada tahun 2024,” ucapnya.

Disamping itu, Mantan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi Kepri ini mengatakan sesuai arahan Gubernur Kepulauan Riau Ansar Ahmad, agar APBD Provinsi Kepulauan Riau difokuskan pada belanja-belanja yang menyentuh masyarakat langsung.

“Pak Gubernur fokus membangun Komitmen seluruh stakeholders baik Pemerintah, Pelaku Usaha dan Masyarakat untuk mendukung pencapaian target-target pembangunan,” tutup Misni. (Han)

Comment