Sekda Bintan Buka Acara Perbentukan dan Pembinaan Redkar Kecamatan Toapaya 

InDepthNews.id (Bintan) – Sekretaris Daerah (Sekda) kabupaten Bintan, Ronny Kartika, S.STP., M.M yang juga selaku Koordinator Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) kabupaten Bintan didampingi Ketua Pelaksanaan BPBD Bintan’ Romlah, membuka acara pembentukan dan pembinaan Relawan Pemadam Kebakaran (Redkar) Kecamatan Toapaya, di Aula Kecamatan Toapaya, Senin (27/5/2014).

Dalam acara tersebut, Sekda Bintan Ronny Kartika yang juga selaku Koordinator BPBD kabupaten Bintan, Hadir sebagai Narasumber untuk memaparkan Materi kepada Redkar yang baru saja terbentuk, terkait upaya Penanggulangan Bahaya Kebakaran dan siap membantu masyarakat ketika kebakaran terjadi.

Sekda Bintan Ronny Kartika mengatakan, “Bahwa pada hari ini Sinergisitas antara Pemkab Bintan dengan salah satu kelompok masyarakat, yang mana untuk memperdayakan peran fungsi masyarakat turut ikut memberikan kontribusi, dalam langkah langkah upaya penanggulangan bahaya kebakaran,” ucapnya.

“Dalam hal ini Pemkab Bintan selalu berupaya melakukan penanggulangan bahaya kebakaran, mengingat kebakaran hutan di kabupaten sangat tinggi. sehingga pada hari ini terbentuklah 35 Redkar kecamatan Toapaya, dan tentunya sangat membantu kalau terjadi kebakaran hutan di wilayah kecamatan Toapaya, ungkap Ronny.

Romlah, Kepala Pelaksana BPBD kabupaten Bintan menyampaikan, dengan terbentuknya Redkar di kecamatan Toapaya, setidaknya dapat teratasi kalau ada Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutlah) dan dapat membantu masyarakat terdampak, ujarnya.

Lanjutnya mengenai Redkar yang ada di kabupaten Bintan, sudah terbentuk di 10 kecamatan dan hari ini kami membentuk Redkar di kecamatan Toapaya yang tersebar di Kelurahan Toapaya Asri, Desa Toapaya Selatan, Desa Toapaya Utara dan Desa Toapaya, sebut Romlah.

Ronny menambahkan, “Peran serta masyarakat sangat dibutuhkan dalam penanggulangan upaya kebakaran, karena tingkat kebakaran yang sangat tinggi serta dengan tangan yang terbatas, sangat tidak memungkinkan untuk kami mendeteksi semua kemungkinan itu terjadi, ole karena itu kita perlu dukungan masyarakat,” pungkasnya.

Tampak hadir dalam acara tersebut, Assisten pembangunan Setda kabupaten Bintan, Perwakilan Satpol PP dan Penanggulangan Kebakaran Provinsi Kepulauan Riau, Sekcam Toapaya, Lurah dan Kades kecamatan Toapaya, serta Bhabinkamtibmas dan Babinsa kecamatan Toapaya.  (Vins)

Comment