Sasar Kelompok Disabilitas Panwaslu Kecamatan Lowokwaru Gelar Sosialisasi Pengawasan Partisipatif

InDepthNews.id (Malang) – Panwaslu Kecamatan Lowokwaru Kota Malang Jawa Timur kali ini menggelar Sosialisasi Pengawasan Partisipatif kepada kelompok disabilitas. Kegiatan tersebut digelar di Hotel Montana 2 Jl. Candi Panggung No.2, Mojolangu, Kec. Lowokwaru, Kota Malang, Jawa Timur 65142.

Tamu undangan yang diundang dalam kegiatan ini yaitu Rumah Kreatif Disabilitas, UKM Gerakan Mahasiswa Peduli Inklusi dan Disabilitas Universitas Negeri Malang. Selain itu juga hadir Para pimpinan Muspika yaitu Camat Kecamatan Lowokwaru Rudy Cahyono didampingi Danramil 0833/05 Lowokwaru Kapten Inf Faizal Rizal Pelu, dan Kapolsek Lowokwaru yang diwakili oleh Bapak Wahyu, dan Narasumber Lutfi Amin, S.Or, Gr., selaku Ketua IGPKhl (Ikatan Guru Pendidikan Khusus Indonesia) Kota Malang.

Camat Kecamatan Lowokwaru Rudy Cahyono dalam sambutannya menyampaikan pemerintah sebagai fasilitator pemilu selau siap jika ada hal yang perlu dikolaborasikan.

“Tentunya kami dari pihak pemerintah harus siap berkolaborasi jika sewaktu-waktu kami diminta untuk memfasilitasi maka kami siap. Tentu kita harus berkolaborasi untuk menyukseskan pilkada di kota Malan” Ujar Rudy Cahyono

Sementara itu Danramil Kapten Faizal juga menyampaikan bahwa keamanan pemilu kiranya menjadi tanggung jawab kita bersama. Senada dengan itu Kapolsek yang di wakili pak Wahyu menegaskan pentingnya semua pihak untuk bahu-membahu menjaga ketertiban untuk menciptakan pilkada Kota Malang yang aman dan bermartabat.

Tak beda jauh dari pernyataan ketiga pimpinan Muspika tersebut, Ketua Panwaslu Kecamatan Lowokwaru Kaitanus Angwarmas menambah dalam sambutannya bahwa partisipasi masyarakat sangat dibutuhkan untuk iku mengawal jalannya pilkada sehingga pilkada di kota Malang menjadi aman. Ia mengingatkan kepada semua unsur masyarakat agar menjadi patriot demokrasi.

“Ya kalau mau ciptakan pilkada yang aman dan bermartabat, kita semua harus bisa jadi patriot untuk demokrasi” Pungkas Kaitanus

Pilkada Kota Malang diketahui telah sampai pada pertengahan tahapan. Sehingga Kegiatan sosialisasi pengawasan partisipatif menjadi sangat penting untuk meningkatkan Tingkat partisipasi masyarakat. Kegiatan dilanjutkan dengan diskusi dan tanya jawab bersama kelompok disabilitas dan diakhiri dengan sesi foto bersama. (Red)

Comment