Sambut Hari Kemerdekaan RI ke-79, Pemkab Meranti Gelar Pawai Obor dan Apel Kehormatan Renungan Suci

Meranti5 views

InDepthNews.id {Meranti} – Sekurang-kurangnya 1600 peserta yang terdiri dari siswa SD, SMP, SMA, Perangkat Daerah serta masyarakat Selatpanjang mengikuti pawai obor dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-79 Tahun 2024 yang di gelar Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti.

Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Kepulauan Meranti, AKBP (Purn) H. Asmar, jumat malam (16/8/2024) sekira pukul 20.00 WIB, melepas para peserta pawai obor di depan rumah dinas Bupati, Jalan Merdeka Selatpanjang.

Adapun rute pawai obor yaitu dimulai dari depan rumah dinas Bupati, jalan Merdeka, jalan Diponegoro, jalan Kartini, dan jalan Imam Bonjol, kemudian Finish kembali ke Jalan Merdeka.

Plt Bupati Asmar dalam sambutannya menyampaikan, pawai obor adalah kegiatan yang dapat membangkitkan semangat dan nilai-nilai perjuangan bangsa sekaligus mengenang jasa para pejuang kemerdekaan.

“Nyala obor menggambarkan semangat tak kunjung padam, disamping itu hawa panasnya memberikan inspirasi semangat yang menyala untuk seluruh masyarakat Kepulauan Meranti agar tetap hidup dan berjuang mempertahankan serta mengisi kemerdekaan Indonesia,” ujar purnawirawan perwira Polri itu.

Apel Kehormatan dan Renungan Suci

Tepat Pukul 00.00 WIB, Sabtu dinihari (17/8/2024), Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Kepulauan Meranti, AKBP (Purn) H. Asmar bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kepulauan Meranti melaksanan Apel Kehormatan di Taman Makam Pahlawan Bunga Bangsa, jalan Perjuangan, Selatpanjang.

Bertindak sebagai Inspektur Apel Kehormatan dan Renungan Suci, Plt Bupati Kepulauan Meranti H. Asmar, Perwira Upacara Kapten Laut (E) Saidul Arifin dan Komandan Upacara Peltu Bek A.F Sihombing.

“Para pahlawan telah rela mengorbankan nyawanya untuk kemerdekaan, alangkah baiknya kita mengheningkan cipta sejenak untuk mengenang jasa mereka,” tutur H. Asmar usai Apel.

Apel Kehormatan yang berlangsung khidmat ini dilaksanakan dalam rangka mengenang sejarah perjuangan para pahlawan kemerdekaan RI yang telah gugur demi merebut kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia dari tangan penjajah.

Turut hadir dalam rangkaian kegiatan, Pimpinan Forkopimda Kepulauan Meranti, Sekretaris Daerah, Pimpinan Instansi Vertikal, Kepala OPD beserta pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti dan tamu undangan. (Richard)

Comment