Sambangi Desa Tinjul dalam Jumat Curhat Kamtibmas, ini Masukan Masukan dan Tanggapaan Kapolsek Singkep Barat

InDepthNews.id (Lingga) – Kapolsek Singkep Barat Polres Lingga laksanakan “Jumat Curhat Kamtibmas” di Desa Tinjul Kecamatan Singkep Barat Kabupaten Lingga, bertempat di Podium Desa Tinjul Kec. Singkep Barat (31/03/2023).

Kegiatan yang dihadiri oleh Kapolsek Singkep Barat AKP Rifi Hamdani Sitohang, S.Sos, Kepala Desa Tinjul Amren, Personil Polsek Singkep Barat, Bhabinkamtibmas Desa Tinjul Bripda Paradis Aditya Saydi, Ketua BPD Tinjul Alamsyah, Kepala Dusun I Desa Tinjul Maryani, Kepala Dusun II Desa Tinjul Maryati, Tokoh Agama Desa Tinjul Suhaidi, Tokoh Adat Desa Tinjul Abdullah dan Tokoh Pemuda Desa Tinjul Abdul Munawir serta Masyarakat Desa Tinjul berjumlah 10 Orang

Adapun dalam rangkaian kegiatan itu Amren selaku Kades Desa Tinjul menyampaikan kegiatan Jumat Curhat ini menjadi kesempatan bagi masyarakat agar menyampaikan Pendapat serta keluhan sehingga dapat mencari solusi secara bersama-sama.

Kapolsek Singkep Barat AKP Rifi Hamdani Sitohang, S. Sos dalam sambutannya menyampaikan melalui moment ini untuk menyampaikan berbagai Saran, Ide, Kritik dan Konsultasi Hukum untuk mencari solusi dalam permasalahan guna terpeliharanya situasi kamtibmas yang aman dan damai.

“Jumat Curhat merupakan Program Kapolri yang sangat baik yakni Polri dapat menyentuh secara langsung dengan masyarakat setempat sehingga masyarakat dapat menyampaikan segala sesuatu ke Polri secara langsung untuk terciptanya jalinan silaturahim dan sinergitas yang erat,” pesan Kapolsek Singkep Barat AKP Rifi Hamdani Sitohang, S. Sos

Dan jika terdapat Permasalahan di Desa, sambung Kapolsek, masyarakat dapat secara langsung menghubungi ke Nomor HP Kapolsek Singkep Barat dan silahkan agar dishare ke Grup masing-masing masyarakat.

Pelaksanan Jumat Curhat Kamtibmas/ F. Abu
Pelaksanan Jumat Curhat Kamtibmas/ F. Abu

“Apalagi menjelang Pemilu tahun 2024 mendatang mari kita bersama-sama dalam menjaga situasi Kamtibmas diwilayah Kecamatan Singkep Barat agar tetap aman dan kondusif serta silahkan gunakan hak politiknya dengan sebaik-baiknya,” ucap Kapolsek

Tokoh Pemuda Desa Tinjul Abdul Munawir menyampaikan dalam kegiatan curhat tersebut mengatakan
Bahwa ditengah Perekonomian yang mengalami penurunan untuk beberapa tahun terakhir membuat masyarakat kesulitan dalam mencukupi kehidupan sehari-harinya maka dibutuhkan bimbingan ke masyarakat supaya memiliki kreatifitas dalam mencari inovasi baru dalam meningkatkan kesejahteraan keluarga.

Kepala Dusun II Desa Tinjul Maryati dalam kesempatan itu menyampaikan terkait mudahnya proses peminjaman Uang di Bank Keliling mengakibatkan banyak masyarakat yang terlena dan terkendala dalam membayar cicilan pada sistem Kelompok Pinjaman.

Sementara itu terkait masukan dan curhat tersebut, Kapolsek Singkep Barat menanggapi bahwa sektor Perekonomian yang mengalami penurunan tentunya berdampak dirasakan oleh masyarakat sehingga Pemerintah Desa perlu mengupayakan dalam membangkitkan dan memperdayakan UMKM dengan mengelola segala potensi untuk memulihkan kembali kesejahteraan masyarakat.

“Melalui bimbingan pemerintah desa diharapkan warga masyakat bisa menggali potensi usaha baru yang dapat menambah kesejahteraan dengan memanfaatkan sumber daya yang dimiliki,” ungkap Kapolsek dalam tanggapannya

Terkait Kelompok Pinjaman, Kapolsek menanggapi bahwa hal tersebut merupakan bagian dari Sistem Bank Keliling dengan membentuk kelompok-kelompok peminjam namun sistem tersebut dapat menciptakan suatu gesekan terutama jika salah satu masyarakat yang tidak mampu membayar cicilannya ditengah kelompok tersebut.

“Negara kita adalah negara hukum dimana setiap orang punya hak yang sama dimata hukum, oleh sebab itu bila ada pihak-pihak bank keliling ataupun koperasi keliling yang melakukan kekerasan dalam menjalankan bisnisnya agar masyarakat tidak ragu melaporkan ke Polsek Singkep Barat,” ujar Kapolsek mengakhiri. (Abu)

Comment