Polres Muaro Jambi Gelar Konferensi Pers Akhir Tahun

Jambi8 views

 

InDepthNews.id (Jambi) –Seperti biasanya jelang tahun Baru Polres Muaro Jambi provinsi Jambi melaksanakan Pers Rilis akhir tahun menyampaikan pencapaian hasil kinerja Personel Polres jajaran selama tahun 2023 bertempat di Aula Wira Tama Mapolres Muaro Jambi Minggu (31/12/2023).

Kapolres Muaro Jambi AKBP. Muharman Arta SIK. didampingi para kasat, Kasi humas Polres Pimpin langsung kegiatan Release akhir tahun tersebut yang dihadiri sejumlah awak media Online, cetak dan Elektronik.

Dalam kegiatan tersebut Kapolres menyampaikan yakni terkait konflik-konflik agraria, potensi gangguan pada jalur lintas Sumatera, kerawanan Karhutla pada siklus 4 tahunan tahun 2023, kejahatan-kejahatan konvensional, kejahatan yang mengganggu ketertiban umum, kejahatan sumber daya alam dan yang merugikan kekayaan negara, serta menyiapkan kondisi masyarakat dan kondisi Kamtibmas dalam rangka menyongsong tahun politik Pemilu serentak 2024, Sehingga Poires Muaro Jambi berkomitmen menjaga stabilitas keamanan dalam negeri melalui upaya-upaya pemeliharaan kondisi Kamtibmas yang sejuk dan kondusif dengan kegiatan-kegiatan preemtif, pencegahan, serta penegakkan hukum.

Polres Muaro Jambi juga mendukung berbagai agenda Nasional, provinsi dan kabupaten

seperti Pengamanan Kunjungan Kepala Negara Presiden RI dan kunjungan-kunjungan VVIP pejabat Negara lainnya, Pengamanan Proyek Strategis Nasional Revitalisasi Kawasan Cagar Budaya

Pengamanan Candi Muaro Jambi, merupakan rangkaian kegiatan Pembangunan Proyek TOL Jambi Betung, Ops Ketupat dalam rangka pengamanan giat masyarakat merayakan Lebaran – Hari Raya Idul Fitri, Ops Lilin dalam rangka pengamanan giat masyarakat merayakan Hari Raya Natal dan Tahun Baru, Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak Gelombang Il Kab Muaro Jambi, Ops Mantap Brata dengan Pengamanan kegiatan-kegiatan Kampanye dan seluruh tahapan Pemilu, serta berbagai agenda Pemerintah Pusat, Provinsi, dan Kabupaten lainnya.

 

Selanjutnya Kapolres menyampaikan catatan-catatan penting kinerja Polres Muaro Jambi yang telah dilakukan sepanjang tahun 2023 sebagai wujud akuntabilitas & transparansi Polri, Total Jumlah Kejahatan keseluruhan sepanjang tahun 2023 sebanyak 271 perkara (baik laporan masyarakat maupun hasil pengungkapan Polres Muaro Jambi), naik 17 perkara bila dibandingkan dgn tahun lalu (thn 2022 sebanyak 254 perkara) atau 6,69%. Berarti pada tahun ini sekira tiap 30 jam sekali ada 1 perkara.

 

1 Peningkatan tersebut diimbangi dengan peningkatan Penyelesaian perkara, tahun 2023 telah diselesaikan sebanyak 224 perkara, naik 14 perkara atau 6,67% dibanding tahun 2022 (210 kasus). Dari jumlah perkara serta penyelesaiannya, Crime Clearance Polres Muaro Jambi pada tahun 2023 ini sebesar 82,66%, melebihi target 70%.

 

Dari 271 perkara pada tahun 2023, didominasi oleh kejahatan Konvensional, dengan kejahatan Pencurian menduduki peringkat pertama yaitu total 131 kasus (yg terdiri dari 81 kasus Curat/pencurian dgn pemberatan, 41 kasus pencurian biasa, dan 9 kasus curas/pencurian dgn kekerasan). Selanjutnya peringkat kedua adalah kejahatan penganiayaan dan pengeroyokan total 29,

 

perkara, serta peringkat ketiga kejahatan KORT sebanyak 13 perkara. Untuk kejahatan konvensional, pada tahun 2023 ini ada 3 Pengungkapan kasus menonjol yg sempat menjadi perhatian publik yaitu;

 

(1) Kasus Pembunuhan yg berawal dari penemuan mayat di KM 42 Jalan Lintas Timur Sumatera. Kasus ini berhasil diungkap melalui penyelidikan-penyidikan ilmiah (scientific crime investigation) dari olah TKP dan sidik jari korban. 2 org Tersangka berhasil ditangkap, 1 di Sumatera Selatan dan di 1 di Kalimantan Tengah. Motif kasus ini adalah materi-Curas ingin menguasai kendaraan korban. Ungkap Kapolres. ( YL ).

Comment