Polda Kepri Laksanakan Latpraops OMP Seligi 2024

InDepthNews.id (Batam) – Guna memberikan pembekalan dan persiapan dalam rangka menghadapi Pilkada 2024, Karoops Polda Kepri Kombes. Pol. Ulami Sudjaja, S.H., pimpin pelaksanaan Latihan Pra Ops Operasi Mantap Praja Seligi TA. 2024 yang dilaksanakan selama 2 hari dari tanggal 23 Agustus 2024 dan 24 Agustus 2024 di Gedung Lancang Kuning, Sabtu (24/8/2024).

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Anggota Bawaslu Kepri Febriadinata, S.T., Ketua KPU Kepri Indrawan Susilo Prabowoadi, S.H, M.H., Para Kasatgas OMP 2024, dan Personil Peserta Lat Pra Ops Polda Kepri.

Dalam kesempatan tersebut, Karoops Polda Kepri Kombes. Pol. Ulami Sudjaja, S.H., menyampaikan bahwa tujuan utama diadakannya kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan kesiapsiagaan personel Polri dalam menjaga keamanan serta kelancaran penyelenggaraan Pilkada 2024 di wilayah Provinsi Kepri. Latihan pra-operasi (Latpraops) ini dirancang untuk memberikan pembekalan komprehensif kepada para personel agar siap menghadapi berbagai potensi tantangan dan situasi yang mungkin muncul selama masa Pilkada. Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari, yakni pada tanggal 23 dan 24 Agustus 2024, dengan berbagai materi yang telah disesuaikan dengan kebutuhan di lapangan.

Selain itu, “Latpraops ini juga berfungsi sebagai forum pembelajaran di mana personel Polri dapat mendalami dan memahami secara mendalam tata cara, prosedur operasi, serta strategi yang harus diikuti dalam menjalankan tugas mereka selama Pemilu,” ucap Karoops Polda Kepri Kombes. Pol. Ulami Sudjaja, S.H. Beliau menekankan pentingnya kesiapan operasional, terutama di tengah dinamika dan kompleksitas situasi keamanan yang mungkin terjadi menjelang, saat, dan pasca-Pilkada.

Karoops Polda Kepri Kombes. Pol. Ulami Sudjaja, S.H., juga menekankan bahwa pelatihan ini merupakan langkah proaktif untuk memastikan bahwa setiap personel Polri memiliki pemahaman yang sama mengenai tugas dan tanggung jawab mereka. Ini sangat penting mengingat pada tanggal 27 November 2024 akan dilaksanakan Pilkada serentak di seluruh Indonesia, termasuk di Provinsi Kepri. “Pelatihan ini juga bertujuan untuk mengantisipasi dan mencegah segala bentuk gangguan atau hambatan yang berpotensi mengganggu kelancaran dan keamanan Pilkada,” lanjutnya.

Selain fokus pada aspek teknis dan prosedural, Karop Ops Polda Kepri juga menggarisbawahi pentingnya sinergi dan kerja sama antara berbagai satuan tugas dan lembaga terkait. “Saya berharap melalui kegiatan Latpraops ini, kita semua dapat meningkatkan koordinasi, memperkuat sinergi, serta menyamakan persepsi dalam rangka menjaga agar Pemilu dapat berlangsung dengan aman, tertib, dan damai,” ujar Karoops Polda Kepri Kombes. Pol. Ulami Sudjaja, S.H.

Lebih lanjut, Karoops Polda Kepri Kombes. Pol. Ulami Sudjaja, S.H., juga menekankan bahwa keberhasilan Pilkada 2024 tidak hanya ditentukan oleh persiapan teknis, tetapi juga oleh semangat kolaborasi dan komitmen bersama untuk menjaga netralitas, integritas, dan profesionalisme dalam menjalankan tugas. “Dengan demikian, diharapkan seluruh personel Polri dapat menjalankan perannya dengan baik dan memastikan bahwa Pilkada 2024 di Provinsi Kepri berlangsung lancar, damai, dan sesuai dengan harapan masyarakat,” tutup Karoops Polda Kepri Kombes. Pol. Ulami Sudjaja, S.H.

Terakhir, Kabidhumas Polda Kepri Kombes. Pol. Zahwani Pandra Arsyad, S.H., M.Si., menambahkan pesan kepada masyarakat yang ingin mengadukan atau melihat peta kerawanan serta memerlukan bantuan kepolisian dapat menghubungi Call Center polisi 110 atau unduh aplikasi Polri Super Apps di Googleplay/APP Store.  (Vins)

Comment