Pimpin Upacara Harlah Pancasila, Rahma: Ayo AktualiSasikan Nilai – Nilai Pancasila

InDepthNews.id {Tanjungpinang} – Memperingati Hari Lahir Pancasila yang jatuh pada 1 Juni 2023, Pemko Tanjungpinang, melaksanakan upacara bendera, Kamis (01/06/2023) di Kantor Wali Kota Tanjungpinang, Senggarang.

Upacara bendera yang dikomandoi oleh Wali Kota Tanjungpinang, Rahma itu, diikuti oleh seluruh ASN, PTT dan THL yang ada dilingkungan Pemko Tanjungpinang.

Dalam sambutanya, Rahma menyampaikan sejarah-sejarah tentang lahirnya Pancasila melalui perjuangan para pejuang-pejuang bangsa.

Menurutnya, Soekarno merupakan proklamator kemerdekaan, pendiri bangsa, yang merumuskan Pancasila yang kemudian disahkan PPKI sebagai dasar negara dan mewariskan Pancasila bagi bangsa dan negera.

Oleh karenanya, ia mengajak kepada seluruh masyarakat untuk membumikan Pancasila dan mengaktualisasikan nilai-nilai luhur Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

Ia menyebut, Pancasila telah menjadi bintang penuntun ketika bangsa Indonesia menghadapi tantangan dan ujian-ujian.

“Dan ini sudah dibuktikan dalam sejarah perjalanan bangsa bahwa bangsa dan negara kita bisa tetap berdiri kokoh menjadi negara yang kuat karena kita semua sepakat untuk berlandaskan pada Pancasila,” ucapnya.

Untuk itu, sebagai masyarakat dan abdi masyarakat ia mengajak, harus betul-betul mengamalkan Pancasila dan memperjuangkan Pancasila.

“Inilah tugas kita bersama, tugas seluruh komponen bangsa, menjadikan Pancasila sebagai ideologi yang bekerja, yang dirasakan kehadirannya, dan dirasakan manfaatnya oleh seluruh tumpah darah Indonesia,” jelas Rahma.

Disela-sela itu, Rahma juga mengajak seluruh pegawai dilingkungan Pemerintah Kota Tanjungpinang untuk menjadi contoh dalam aktualisasi nilai-nilai Pancasila di masyarakat.

“Saya harap pegawai pemko menjadi contoh dalam aktualisasi nilai-nilai Pancasila serta mengajak seluruh masyarakat memperkokoh nilai-nilai Indonesia maju,” harapnya.(Adv Dinas Kominfo)

Comment