Peringati Hari Anak Nasional, Wabub Natuna Ajak Semua Pihak Buat Sistem Perlindungan Bagi Anak-anak Penerus Generasi Bangsa

InDepthNews.id (Natuna) – Kabupaten Natuna Provinsi Kepulauan Riau, memperingati hari anak Nasional tahun 2023. Acara hari anak tersebut dilaksanakan di Gedung Sri Srindit, Sabtu (22/7/2023).

Dalam sabutannya Wakil Bupati (Wabup) Natuna Rodhial Huda menyampaikan sebagai generasi penerus Bangsa, keberadaan anak-anak sangat penting dan harus mendapatkan perhatian yang lebih.

“Sebagai generasi penerus dan humoris, maka kita harus memberikan perhatian yang serius dan perlindungan kepada mereka,” kata Rodhial.

Tak luput, ia juga mengajak dan mengingatkan kepada semua pihak agar membuat sistem perlindungan bagi anak-anak penerus generasi bangsa ini.

“Saya minta kepada semua pihak terutama yang hadir hari ini, mari kita membuat sistem perlindungan anak dengan saling memperkuat perlindungan anak pada tupoksi masing-masing,” ungkapnya.

Upaya tersebut tentunya harus saling berkoordinasi, berkoorganisasi dan berkomunikasi antara lembaga satu dengan lembaga yang lainnya dengan memegang prinsip kepentingan terbaik bagi generasi muda.

Sementara itu Ketua Forum Anak Natuna, Caca, menyampaikan 10 aspirasi kepada pemerintah daerah (Pemda) Natuna antara lain, yakni 1. Meningkatkan program pendidikan anak usia dini dan menengah, 2. Meningkatkan edukasi, 3. Mengoptimalkan akte kelahiran, 4. Memberi ruang pendapat bagi anak, 5. Mengoptimalkan informasi, 6. Membuat kebijakan dan menekan angka pernikahan dini, 7. Meningkatkan kesehatan mental dan fisik anak, 8. Memperluas kawasan khusus tanpa rokok, 9. Mempercepat akases air bersih dan 10. Meratakan fasilitas internet.

Dalam acara tersebut hanya dihadiri 48 orang anak dan dari perwakilan masing-masing kecamatan hanya 2 orang, serta sisahnya dari Bunguran Timur. (wanto).

Comment