Peresmian Dekranasda Kepri, Pj. Wako Andri Rizal Sebut Sebagai Daya Tarik Wisata Baru di Tanjungpinang

InDepthNews.id {Tanjungpinang} – Penjabat (Pj.) Wali Kota Tanjungpinang, Andri Rizal, bersama Ketua Umum Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Tanjungpinang, Efa Sri Nurlathifa Khifayana, menghadiri peresmian Gedung Dekranasda Creative Space Kepri, di kawasan Gurindam 12, Kota Tanjungpinang, Sabtu (03/08/2024).

Peresmian gedung ini dilakukan Gubernur Kepri, Ansar Ahmad, yang ditandai dengan penandatanganan prasasti dan pemotongan pita oleh Ketua Dekranasda Provinsi Kepri, Dewi Kumalasari.

Pj. Wali Kota Tanjungpinang, Andri Rizal, mengapresiasi kehadiran gedung Dekranasda Kepri sebagai pusat untuk memamerkan produk-produk khas Kepri, terutama produk unggulan dari Tanjungpinang.

“Gedung Dekranasda ini akan berfungsi sebagai pusat kreativitas dan inovasi, mendukung pertumbuhan ekonomi lokal, dan menjadi daya tarik wisata baru bagi wisatawan yang datang ke Tanjungpinang,” ujar Andri.

Di stand bazar Tanjungpinang, berbagai produk dari pelaku usaha kecil dan menengah dipamerkan, termasuk kerajinan tangan dari gonggong, tanjak, kain samping dari songket, batik, dan makanan khas daerah.

“Ini merupakan kesempatan besar bagi pelaku kreatif untuk memperkenalkan produk mereka kepada masyarakat dan wisatawan,” tambah Andri Rizal.

Gubernur Kepulauan Riau, Ansar Ahmad, dalam sambutannya menyatakan, komitmennya untuk terus menggali potensi kerajinan lokal.

“Kami akan fokus pada produk-produk yang memiliki nilai jual, baik untuk pasar domestik maupun internasional,” ujar Ansar.

Ansar juga menekankan pentingnya produk lokal dalam menarik minat wisatawan. Banyak wisatawan yang mencari produk-produk hasil olahan masyarakat, baik kerajinan maupun kuliner, saat berkunjung ke suatu daerah.

“Kawasan ini akan terus dievaluasi dan dikembangkan. Kami akan bekerja sama dengan pelaku pariwisata untuk memastikan wisatawan dapat menemukan produk unggulan Kepulauan Riau di gedung ini,” pungkasnya. (Adv/Dinas Kominfo)

Comment