Peningkatan Pelayanan Disdukcapil Bintan, Terkait Program Data Identitas Diri dan Perubahan Status 

InDepthNews.id (Bintan) – Pemerintah Kabupaten Bintan melalui Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, tengah melakukan peningkatan pelayanan terhadap data diri identitas anak hingga orang dewasa, serta Perubahan Status Ajta Pernikahan di 10 (sepuluh) kecamatan yang berada di wilayah kabupaten Bintan, Kamis (30/5/2024).

Kabid Inovasi dan Pemanfaatan Data’ Wahyu Aprianto, S.Sos melalui Kasi Peranata Hubungan Masyarakat’ Hasima, S.Sos mengatakan, “Terkait peningkatan dan pelayanan terhadap pelajar sekolah, kami telah berkoordinasi dengan pihak sekolah untuk Percepatan Kartu Identitas Anak (KIA) dan Perekaman KTP, ucapnya.

“Terkait perihal ini, Kami juga sudah mengunjungi sekolah sekolah yang ada di kabupaten Bintan, guna pendata diri anak untuk percepatan KIA dan melakukan Perekaman bagi pelajar sekolah yang sudah berusia 16 tahun,” sebut Hasima.

Saat dijumpai awak media ini di ruang kerja, Hasima menyampaikan, “Sepekan yang lalu Disdukcapil Bintan telah melakukan kunjungan di kecamatan Tambelan, yang mana tujuan kami untuk melakukan pendataan diri terhadap pelajar sekolah dan orang dewasa yang belum memiliki data identitas kependudukan dan perubahan status pada Akta kelahiran maupun Akta Nikah,” ujarya.

Kepala Seksi Peranata Hubungan Disdukcapil Kabupaten Bintan/Foto. Vins/InDepthNews
Kepala Seksi Peranata Hubungan Disdukcapil Kabupaten Bintan/Foto. Vins/InDepthNews

Program ini kami dilakukan, guna meningkatkan kesadaran masyarakat bahwa penting identitas diri, sehingga dapat mempermudah segala urusan dalam wilayah kabupaten Bintan.

Dalam hal ini, Disdukcapil, Dinas Sosial, dan seluruh OPD Kabupaten Bintan, selalu Berkoordinasi serta Sinergisitas, agar pelayanan Administradi Kependudukan (Adminduk) bisa berlangsung dengan baik dan dapat dirasakan oleh masyarakat.

Lanjutnya, mengenai Akta Pernikahan dan Perubahan Status, terus kami lakukan dengan memberikan penyampaian kepada masyarakat dan dapat melengkapi persyaratan dari masing masing Agama, saat pengurusan Administrasi.

Hasima menambahkan, “Semoga dengan adanya peningkatan pelayanan dari Disdukcapil kabupaten Bintan, masyarakat dapat terbantu dan tentunya Program yang dicanangkan Pemerintah Kabupaten Bintan, dapat bermanfaat bagi kesejahteraan seluruh masyarakat kabupaten Bintan, pungkasnya.   (Vins)

Comment