Pemko Tanjungpinang dan Kemendagri Gelar FGD Untuk Optimalisasi APBD

InDepthNews.id {Tanjungpinang} – Tim Anggaran Pemerintah Daerah Kota Tanjungpinang bersama Badan Anggaran Bersama Direktorat Jenderal Bina Keuangan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menggelar Focus Group Discussion (FGD), di aula Sultan Sulaiman Badrul Alamsyah, kantor Wali Kota Tanjungpinang. Selasa (02/07/2024).

Acara dibuka Penjabat (Pj.) Wali Kota Tanjungpinang, Andri Rizal, dan diikuti, tim anggaran pemerintah kota Tanjungpinang, Sekretaris Daerah, Zulhidayat, para kepala OPD dan Camat.

Dalam sambutannya, Andri Rizal menegaskan komitmen Pemerintah Kota Tanjungpinang untuk terus mengupayakan optimalisasi pengelolaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

“Dengan mengangkat tema Penguatan Struktur APBD Kota Tanjungpinang melalui Optimalisasi Pendapatan Asli Daerah untuk Tanjungpinang yang Gemilang, kegiatan ini sangat penting agar APBD terwujud berkualitas dan transparan,” ucapnya.

Andri juga berharap, melalui FGD dapat meningkatkan pemahaman tentang APBD sehingga pengelolaannya dapat lebih efektif, efisien, dan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

“Langkah ini diharapkan dapat memacu pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat Kota Tanjungpinang secara signifikan,” tambah Andri.

Dalam FGD tersebut, Sekretaris Direktorat Jenderal Bina Keuangan Kemendagri, Horas Maurits Panjaitan, menjelaskan tentang kebijakan perubahan APBD, prinsip money follow programs, serta pentingnya fokus pada pencapaian target pelayanan publik tanpa harus menganggarkan seluruh program dan kegiatan yang menjadi kewenangan daerah.

“Upaya ini penting untuk memastikan alokasi anggaran berdasarkan pada target kinerja pelayanan publik dan prioritas pembangunan yang telah ditetapkan dalam RKPD, bukan berdasarkan alokasi tahun anggaran sebelumnya,” jelas Horas. (Adv/Dinas Kominfo)

Comment