Pemkab Natuna Akan Segera Bangun Rumah Korban Bencana Longsor

InDepthNews.Id (Natuna) – Paska bencana alam tanah longsor di Dusun Genting, Desa Pangkalan, Kecamatan Serasan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Natuna akan merelokasi warga ke daerah lebih aman.

Dalam hal ini, pemerintah Kabupaten Natuna telah menyiapkan lahan seluas 7,5 hektar. Sedangkan pemerintah pusat melalui Kementerian PUPR akan membangun ratusan rumah untuk warga terdampak bencana.

Bupati Natuna Wan Siswandi mengatakan, pembangunan rumah di tempat relokasi segera direalisasikan. Saat ini material dari Palembang, Sumatera Selatan, segera diberangkatkan ke Serasan.

Pembersihan Lokasi Longsor oleh Pemkab Natuna menggunakan alat berat / F. Wanto
Pembersihan Lokasi Longsor oleh Pemkab Natuna menggunakan alat berat / F. Wanto

“Untuk tanah dari kita sudah ada. Kemudian kementerian akan bangun rumahnya. Informasi terakhir materialnya sudah muat ke kapal dari Palembang,” ujar Bupati di ruang kerjanya, Senin (27/03/2023).

Menurut Siswandi, pada tahap pertama akan dibangun sekitar 100 rumah. Dalam pengerjaannya, ia berharap melibatkan warga lokal.

Nantinya, di sana akan membentuk sebuah komunitas baru yang dilengkapi dengan fasilitas umum (fasum) seperti, jalan, listrik, air bersih, sekolah, tempat ibadah dan kebutuhan lainnya.

“Berdasarkan peta potensi bencana memang ada beberapa daerah rawan. Tapi kita fokus untuk penanganan daerah yang terkena musibah dulu,” pungkasnya. (Wanto).

Comment