Pemilihan BPD Desa Pulau Duyung, Ini Nama-Nama Yang Terpilih

Lingga51 views

InDepthNews.id {Lingga} – Pemilihan calon anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Desa Pulau Duyung Kecamatan Katang Bidare Kabupaten Lingga sukses digelar, Sabtu (09/03/2024).

Dalam pemilihan itu, terpilih 2 anggota baru yang akan mengisi keanggotaan BPD Desa Pulau Duyung Periode 2024-2030 dari 11 kandidat calon anggota BPD yang melibatkan 2 Dusun di Desa Pulau Duyung.

Di Dusun 1 sebanyak 6 kandidat yang terdiri dari 4 calon laki-laki untuk keterwakilan dusun 1 perempuan 2 untuk dari Dusun 2 yang juga terdiri dari 4 kandidat, dengan 4 calon laki-laki keterwakilan dusun 2 , 1 calon untuk keterwakilan perempuan.

Kegiatan pemilihan yang dimulai sejak pukul 07.30 wib dan ditutup tepat pukul 12.59 wib dilaksanakan di 1 tempat pemilihan, Tepatnya Pukul 13:00 WIB lanjut dgn perhitungan suara nampak antusias masyarakat menyaksikan perhitungan suara yg berlangsung dan perhitungan suara selesai tepatnya pukul 17:10 WIB yang
di laksanakan di gedung BPD Desa Pulau Duyung Kecamatan Katang Bidare.

Rani selaku Ketua Panitia Pelaksana mengatakan dalam pemilihan anggota BPD Desa Pulau Duyung, pihaknya turut melibatkan Pemerintah Desa Pulau dan menerapkan sistem dan tatacara pemilihan, tidak terkecuali pemberian sanksi kepada calon yang melanggar aturan kampanye.

“Panitia dalam pemilihan calon anggota BPD ini juga menerapkan aturan baik kepada calon dan pemilih. Untuk aturan kampanye, kita juga menerapkan jadwal untuk kampanye dan hari tenang. Bila ada yang melanggar maka sanksinya bisa didiskualifikasi,” kata Rani.

“Kita juga melibatkan warga desa untuk terlibat aktif mengawasi dan melaporkan segala bentuk kecurangan yang dilakukan oleh para calon BPD selama proses suksesi, baik itu dimasa kampanye,” ungkap Rani.

Sementara itu, Zalman Kades Pulau Duyung mengatakan, pihaknya jauh-jauh hari juga telah berpesan kepada para calon BPD dan masyarakat untuk menerapkan Pemilihan yang bersih, jujur dan adil tanpa kecurangan sedikitpun.

“Kita mengharapkan dengan pemilihan yang bersih tanpa kecurangan akan menghasilkan anggota BPD yang jujur dan adil dalam mengemban amanah masyarakat nantinya,” ujar Zalman.

Namun untuk mengantisipasi adanya kecurangan, tambah Zalman, pemerintah desa Pulau Duyung Kecamatan Katang Bidare juga meminta peran aktif dari masyarakat untuk mengawasi dan melaporkan.

Adapun dalam proses pemungutan suara pemilihan BPD di desa Pulau Duyung Kecamatan Katang Bidare turut disaksikan perwakilan dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Lingga ibu Nurlina.

Berikut 5 orang anggota BPD Desa Pulau Duyung Kecamatan Katang Bidare Terpilih untuk masa periode 2024-2030 yaitu:
Dusun 1
1. Roliadi (Wajah Lama), memperoleh 47 suara.
2. Riki Kurniawan ( Wajah Baru, memperoleh 35 suara.

Dusun 2
1.Ruslan (Wajah Lama), memperoleh 35 suara
2. Abdullah R (Wajah Lama)memperoleh 28 suara. Terakhir,
3. Asmiati (Wajah Baru), memperoleh 65 suara. Asmiati Oknurwensi merupakan perwakilan perempuan desa terpilih. (Red)

Comment