Pemasangan Gapura, Ikon Sei Enam Sebagai Kampung Wisata Otak-otak Mulai Terealisasi

InDepthNews.id (Bintan) 01/10/2022 – Janji Gubernur Provinsi Kepulauan Riau, H. Ansar Ahmad yang akan Menyulap Kawasan Sei Enam Kijang Jadi Kampung Wisata Kuliner Otak-otak sudah mulai terealisasi, hal ini ditandai dengan dipasangnya Gapura Even Wisata Otak-otak dikampung Sei Enam Kijang Kabupaten Bintan pada Sabtu, (01/10/2022).

Adapun pemasangan Gapura tersebut merupakan salah satu bentuk penataan yang bertujuan untuk menarik kunjungan wisatawan domestik maupun mancanegara ke Kepri khususnya ke Kabupaten Bintan.

Lurah Sei Enam, Riduan di lokasi pemasangan Gapura Even Wisata Otak-otak mengatakan bahwa pemasangan gapura itu melambangkan daerah sei enam sebagai tempat wisata kuliner otak-otak.

“Gapura ini merupakan penanda bahwa Sei Enam merupakan daerah kuliner khas otak-otak dan bersumber dari APBD Kepri Tahun 2022 sebesar Rp719 juta lebih,” ujar Riduan saat dijumpai di lokasi pemasangan Gapura, Sabtu (01/10/2022).

Sementara itu, kontraktor pelaksana Awi ditempat yang sama mengatakan bahwa proyek gapura yang di pasang di Jalan Sei Enam Darat tersebut berbahan besi khusus dan sebagai tanda Sei Enam sebagai salah satu destinasi wisata kuliner di Bintan.

“Bahan Gapura ini dari besi spesial dan lain dari pada yang lain, sebagai penanda dan informasi bahwa Sei Enam sebagai tempat wisata kuliner otak-otak,” ungkap Awi.

Sebelumnya, Gubernur Kepri H.Ansar Ahmad mengatakan akan Menyulap Kawasan Sei Enam Kijang Jadi Kampung Wisata Kuliner Otak-otak

“Tempat-tempat seperti inilah yang disenangi dan dikunjungi oleh turis-turis. Sekarang kita sedang mendesain supaya nanti benar-benar menarik,” ucap Ansar saat meninjau lokasi penataan kampung wisata kuliner otak-otak di Sei Enam Kijang, Kabupaten Bintan ketika itu.

Dia mengatakan, penataan kawasan itu akan direalisasikan di tahun anggaran 2022. Selain itu, nantinya daerah tersebut juga akan dikonsep menjadi kawasan yang modern, namun tidak menghilangkan kearifan lokal.

“Jadi penataan kampung ini menjadi wisata kuliner khas Sei Enam seperti otak-otak beserta dengan ornamen bangunannya Melayu yang menjadi penunjang dan spot berswafoto,” ucap Ansar.

Diketahui, kuliner otak-otak merupakan cemilan khas daerah Kabupaten Bintan dan Tanjungpinang. Kuliner khas Otak-otak Sungai Enam Kijang Kabupaten Bintan memang terkenal kelezatannya, sehingga penikmatnya juga datang dari luar Pulau Bintan, Sumatera hingga Singapura dan Malaysia.

Cemilan ini banyak dijadikan sebagai buah tangan ketika orang berkunjung ke Bintan dan ibukota Provinsi Kepri.

Tanjungpinang dan Bintan merupakan surganya otak-otak. Banyak warga yang menjual cemilan ini di sepanjang jalan. Mulai dari kedai-kedai sampai pelabuhan.

Makanan khas ini terbuat dari ikan dicampur bumbu gulai kemudian dibungkus dengan daun kelapa.

Rasanya pedas gurih bercampur aroma ikan. Ukurannya hanya sebesar dua jari orang dewasa.

Otak-otak dibakar menggunakan daun kelapa. Satu bungkus otak-otak dibandrol Rp1.000 sampai Rp1.500.

Kebanyakan pengunjung membeli satu kotak ukuran besar untuk dijadikan oleh-oleh. Satu kotak itu seharga Rp50.000 dengan isi 50 bungkus otak-otak. (HAN)

Comment